spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Pasar Ciawi Kabupaten Tasikmalaya Ludes Terbakar, Wabup Minta Lebih Waspada

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Musibah kebakaran kembali melanda Pasar Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

    Sekitar 158 kios yang berada di blok C ludes terbakar. Api kemudian merembet ke sejumlah kios pedagang yang berada di Blok A, B dan D, 

    Sebelumnya, musibah kebakaran terjadi di Pasar Ciawi yang berdekatan dengan terminal ini pada bulan Agustus 2022, hingga menghanguskan puluhan kios dan los pedagang kaki lima di blok A.

    BACA JUGA: Kabupaten Tasikmalaya Raih Penghargaan Kinerja 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting

    “Innalillahi wa innailaihi rojiun, musibah kebakaran telah terjadi di Pasar Ciawi Kabupaten Tasikmalaya pada sore kemarin,” kata Wakil Bupati Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin, Senin (19/12/2022).

    Disebutkan, kemarin dirinya mendapat informasi dari Polres Tasikmalaya kota dan dia baru sempat turun ke lokasi setelah seharian melaksanakan kegiatan di wilayah di Kecamatan Bojonggambir.

    Atas nama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan juga pribadi,  Cecep menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah tersebut meskipun berdasarkan informasi, kebakaran itu tidak merenggut korban jiwa. 

    “Saya secara pribadi dan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya turut prihatin atas kejadian ini. Semoga para korban diberikan ketabahan. Yang paling utama selamatkan dulu nyawa kita semua,” ucap Cecep Nurul Yakin.

    Disebutkan, sesuai informasi yang didapatkan dari Kepala Pelaksana BPBD dan Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, total jumlah kios yang terbakar dalam musibah ini sebanyak 532 kios.

     “Seluruh kios di blok C ada 158 kios hangus terbakar, sisanya ada beberapa kios di blok A, B dan D. Untuk di blok C ini rata-rata kios kelontongan, fashion (pakaian) yang mudah terbakar dan sayuran,” tutur Cecep Nurul Yakin. 

    Dia menambahkan, untuk memadamkan kobaran api, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menurunkan lima unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Kemudian dibantu 2 unit Damkar dari Kota Tasikmalaya dan 1 dari Garut serta Ciamis dan Sumedang.

    “Kepada segenap pimpinan daerah yang sudah turut membantu menerjunkan tim Damkar sebagai guyub warga Jabar, kemudian Sigesit 119 dan kepada semua pihak yang telah membantu warga Pasar Ciawi, kami haturkan terimakasih, semoga menjadi amal baik yang diterima oleh Allah Swt,” kata Cecep Nurul Yakin. 

    Dia berharap kepada warga Pasar Ciawi untuk bersabar dalam menerima musibah tersebut penuh hikmah. 

    “Mari berikan ruang bagi aparat Kepolisian, untuk melakukan penyelidikan terkait apa penyebab terjadinya kebakaran ini,” ucap Cecep Nurul Yakin. 

    BACA JUGA: Jelang Nataru 2023, Keamanan di Stasiun Banjar Ditingkatkan

    Lebih lanjut, Cecep meminta kepada warga dan seluruh pengurus pasar yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, untuk meningkatkan kewaspadaan dan rutin memeriksa hal-hal yang berkaitan dengan keamanan pasar. 

    “Kebakaran di Pasar Ciawi ini kan bukan yang pertama, sehingga butuh perhatian serius semua pihak atas keamanan dan keselamatan fasilitas ladang rakyat mengais rezeki,” ujarnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img