spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Minyak kelapa faktanya memiliki berbagai manfaat, dari masakan hingga kesehatan kulit bahkan pengobatan.

    Manfaat minyak kelapa bahkan bisa digunakan untuk kecantikan.

    Berikut 5 Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan kulit:

    1. Dapat mengobati jerawat

    (web)

    Tidak banyak orang yang tahu kalau manfaat minyak kelapa dapat mengobati jerawat. Mereka beranggapan kalau minyak kelapa dapat menyumbat pori-pori wajah.

    Cukup banyak penelitian yang membuktikan kalau minyak kelapa dapat mengobati jerawat.

    Healthline mencatat, minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan dapat mengobati jerawat. Sifat antibakteri pada minyak kelapa juga dapat mengurangi jerawat.

    National Library of Medicine mencatat, kandungan asat laurat yang memiliki hampir setengah dari kadar asam lemak di minyak kelapa terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat.

    2. Melembabkan kulit kering

    (web)

    Kulit kering menjadi masalah bagi banyak orang. Dengan mengoleskan minyak kelapa, kulit kamu dapat lebih lembab dan terhidrasi.

    Healthline mencatat, terdapat studi yang membandingkan minyak kelapa dan minyak mineral pada orang yang mengalami masalah kulit kering.

    Hasilnya, minyak kelapa dengan signifikan meningkatkan hidrasi kulit dan sama efektifnya dengan minyak mineral selama dua minggu.

    Selain dapat melembabkan kulit, minyak kelapa juga dapat mengobati eksim. Studi lain membandingkan minyak kelapa dengan minyak zaitun pada 52 orang dewasa yang menderita eksim. Hasilnya, minyak kelapa dapat mengobati eksim selain dapat melembabkan kulit.

    3. Mengurangi inflamasi

    (web)

    Minyak kelapa dapat mengobati peradangan atau inflamasi pada kulit seperti ruam, kemerahan, dan gatal. Minyak kelapa terbukti memiliki sifat antik inflamasi.

    Dari hasil studi, minyak kelapa memiliki potensi dan manfaat untuk mengurangi inflamasi atau peradangan dengan mengoleskan pada kulit atau mengonsumsinya secara langsung.

    4. Dapat membunuh mikroorganisme berbahaya

    Kandungan asam lemak pada minyak kelapa memiliki sifat antrimikroba yang dapat melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya.

    Hal tersebut sangat baik bagi kulit karena dapat mencegah dari penyakit seperti kutu air atau jerawat yang disebab oleh jamur dan bakteri.

    Studi dari American Society for Microbiology menjelaskan bahwa sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 jenis bakteri berbeda, membuktikan asam laurat paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

    Studi lain juga menjelaskan efek anti jamur dari caprac acid mampu menghambat pertumbuhan jenis jamur tertentu.

    5. Membantu menyembuhkan luka

    Seringkali luka pada kulit menjadi masalah yang cukup serius. Dikutip dari Healthline, minyak kelapa juga dapat menyembuhkan luka.

    Dalam laporan tersebut dijelaskan bahwa mengoleskan minyak kelapa pada tikus dapat mempengaruhi penyembuhan luka tikus tersebut. Membantu mempercepat penyembuhan, meningkatkan antioksidan, dan meningkatkan kolagen yang berperan penting dalam membantuk menyembuhkan luka. Minyak tersebut juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar.

    Minyak dari kelapa memang telah dipercaya akan manfaatnya yang beragam. Bagi kamu yang ingin memiliki kulit yang sehat, kamu dapat mengoleskan minyak kelapa secara rutin.

    Minyak kelapa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin merawat kulit secara alami tanpa efek samping.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img