spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    Ridwan Kamil dan Moeldoko Cawapres Yang Jadi Kuda Hitam

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru tentang perkembangan elektabilitas bakal calon wakil presiden (Cawapres) potensial pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

    Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, masih menjadi yang teratas dalam hal elektabilitas untuk menjadi cawapres potensial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

    Peneliti Senior LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan, ada empat tokoh yang paling dinominasikan publik sebagai cawapres, yakni Ridwan Kamil 23,8 persen, Sandiaga Uno 18,7 persen, AHY 12,4 persen dan Moeldoko 10,5 persen.

    BACA JUGA: Aher Siap Terjun di Pilpres 2024 Dampingi Anies Baswedan

    “Ridwan Kamil apabila disimulasikan berpasangan dengan capres manapun seperti Prabowo, Ganjar atau Anies meraih elektabilitas tertinggi,” kata Gema Nusantara Bakry Jumat  (16/12/2022).

    Menurut Gema, Sandiaga pun memiliki tingkat keterpilihan tinggi apabila dipasangkan dengan Ganjar maupun Prabowo. Sementara itu AHY hanya memiliki elektabilitas yang tinggi jika menjadi cawapresnya Anies.

    “Moeldoko juga punya peluang keterpilihan cukup tinggi jika menjadi cawapresnya Ganjar,” ucapnya.

    Meski begitu Gema menuturkan, dua tokoh itu bisa saja menjadi kuda hitam dalam Pilpres 2024 untuk menjadi capres. Hal itu bisa terjadi asalkan para sukarelawan keduanya benar-benar melakukan tugas dan fungsinya dalam menyosialisasikan ‘jagoannya’ ke masyarakat.

    “Selain mensosialisasikan kepada masyarakat, keduanya juga harus melakukan komunikasi dengan partai politik agar mau meminangnya sebagai capres. Karena, dua tokoh tersebut hingga saat ini belum memiliki partai untuk menjadi kendaraan politik pada Pilpres 2024” ujarnya.

    Berdasarkan hasil survei LSN, Gema mengatakan kedua tokoh tersebut berada pada klaster capres papan tengah yang terdiri dari beberapa tokoh yang memiliki elektabilitas antara 2 hingga 8 persen.

    BACA JUGA: Sekda Kota Bandung Instruksikan OPD Terkait Segera Selesaikan Banjir Gedebage

    Mereka yang termasuk dalam kluster ini adalah Ridwan Kamil 7,3 persen, Moeldoko 4,1 persen, Andika Perkasa 2,7 persen, Sandiaga Uno 2,5 persen, AHY 2,4 persen, dan Erick Thohir 2,0 persen.

    Sementara untuk klaster pertama capres 2024, terdiri dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Tingkat elektabilitas masing-masing berkisar antara 20 hingga 25 persen, dan terpaut jauh dengan elektabilitas capres di bawahnya.

    “KSP Moeldoko sebenarnya, dan Ridwan Kamil juga berpotensi menyodok ke papan capres atas dalam sisa waktu 14 bulan menjelang Pilpres 2024,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asamra)

    Berita Terbaru

    spot_img