spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tutup Sidang DPR, Puan Ajak Kawal Pemilu 2024

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, agar berjalan dengan jujur dan adil.

    Hal tersebut Puan sampaikan dalam pidato penutupan masa persidangan kedua tahun 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/12/2022).

    “DPR RI, pemerintah, KPU sepakat melaksanakan tahapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, karena itu jadi tugas kita bersama untuk mengawal pelaksanaan pemilu agar berlangsung secara baik, jujur, dan adil,” kata Puan.

    Puan mengingatkan, dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, konstitusi telah menjamin pembaharuan demokrasi melalui pemilu.

    BACA JUGA: Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Simanjuntak Tiba di KPK, Jinjing Tas Bermerek

    Putri mantan Presiden Megawati Soekarnoputri itu mengimbau kepada partai politik untuk tetap mengedepankan kepentingan rakyat dan memegang teguh ideologi bangsa.

    “Perlu pelaksanaan pemilu berkualitas, dibutuhkan parpol peserta pemilu yang semakin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat dan senantiasa memegang teguh mengawal ideologi bangsa serta persatuan,” katanya, dilansir IDN.

    Dia juga mengatakan, berpolitik merupakan bagian dari demokrasi sebagai bentuk interaksi sosial. Sehingga dalam praktiknya tentu sering kali berbenturan dengan berbagai kepentingan.

    Meski begitu, dia menegaskan, dinamika politik di DPR RI semata-mata untuk memperjuangkan kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

    “Berpolitik maka kita terlibat dalam kegiatan berinteraksi secara sosial, bertemu dengan berbagai benturan kepentingan, proses pengambilan keputusan kolektif berkaitan dengan institusi negara, kepentingan publik, distribusi kekuasaan, kekayaan, dan sumber daya,” imbuh dia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img