spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kapolri: Bom Bunuh Diri Astana Anyar Merupakan Pelaku Bom Panci Cicendo

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Kota Bandung Agus Sujatno terafiliasi dengan Jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung. Pelaku tewas dalam aksi bom bunuh diri tersebut.

    “Kita bisa jelaskan (pelaku) terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung Jawa Barat,” kata Listyo Sigit Prabowo. Usai meninjau lokasi bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

    Listyo Sigit Prabowo menyebut, dari hasil sidik jari dan face recognition, identitas pelaku bom bunuh diri adalah Agus Sujatno atau Agus Muslim. Pelaku pernah ditangkap dalam kasus bom di Cicendo, Kota Bandung.

    Baca Juga: Satu Orang Polisi Meninggal akibat Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyar

    “Pelaku Agus Sujatno atau Agus Muslim yang bersangkutan pernah tertangkap karena peristiwa bom Cicendo dan sempat dihukum empat tahun. Pada bulan September-Oktober 2021 lalu bersangkutan bebas,” ucapnya.

    Pihaknya mengikuti aktivitas pelaku seusai bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan. Namun, yang bersangkutan terafiliasi dengan JAD Bandung.

    “Yang bersangkutan ini sebelumnya ditahan di proses di LP Nusakambangan artinya dalam tanda kutip masuk kelompok masih merah sehingga proses deradikalisasi membutuhkan teknik dan taktik berbeda karena yang bersangkutan masih susah diajak berbicara, menghindar walau sudah mulai melaksanakan aktivitas,” katanya.

    Baca Juga: Akibat Ledakan Bom di Astana Anyar Bandung, 1 Meninggal 9 Orang Luka

    Kapolri memastikan pihaknya bersama tim bekerja untuk menuntaskan kasus bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar. Ia sudah memerintahkan semua tim untuk bergerak.

    “Kita minta kepada seluruh rekan-rekan bisa bantu kami dan tim agar bisa menuntaskan kasus secara maksimal. Seluruh tim dan satgas saya perintahkan semua bergerak,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img