spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Rektor Minta Lulusan Unpas Adaptif Usai Lantik 1.908 Wisudawan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rektor Universitas Pasundan (Unpas), Eddy Jusuf, melantik sebanyak 1.908 wisudawan pada Wisuda Gelombang I TA 2022/2023 yang digelar di Harris Hotel & Convention, Festival Citylink, 6-7 Desember 2022.

    Berbeda dengan gelombang sebelumnya, wisuda kali ini dihadiri dua orang pendamping dan dibagi menjadi tiga sesi. Sesi 1 (Pascasarjana, FEB) dan sesi 2 (FISIP, FT) di hari pertama, sedangkan sesi 3 (FH, FKIP, FISS) di hari kedua.

    Dalam pidatonya, Rektor mengatakan, lulusan pascapandemi memiliki tantangan tersendiri. Hal tersebut menuntut wisudawan untuk cepat beradaptasi membantu pemulihan ekonomi.

    “Jadikan ilmu yang telah diperoleh sebagai kunci untuk menghadapi tantangan di lapangan. Saya yakin, lulusan Unpas mampu mengikuti alur dan menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini,” ujarnya.

    Eddy menambahkan, Unpas terus meningkatkan pelayanan dengan membina dan memberikan pencerahan lewat pendidikan berkualitas, sehingga melahirkan SDM unggul yang siap berkontribusi di masyarakat, baik sebagai profesional maupun entrepreneur.

    Menurutnya, perkembangan yang terjadi selama lima tahun ke belakang mengubah paradigma di lingkungan masyarakat dari resources based ke innovation based.

    Hal ini pula yang dipesankan Rektor kepada wisudawan agar percaya diri dan tampil beda dalam mengembangkan inovasinya.

    “Melalui dukungan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Unpas, kami membekali kompetensi tambahan bagi lulusan yang dibuktikan dengan sertifikat profesi, kurang lebih ada 1.300 wisudawan yang sudah tersertifikasi karena sekarang kita berada di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” tambahnya.

    Dia berharap, usai menyelesaikan studi di Unpas, para wisudawan dapat memacu spiritnya untuk membangun pemikiran yang mandiri dan memelihara hubungan baik dengan almamater.

    Sejalan dengan pesan dan harapan Rektor, Ketua YPT Pasundan, Makbul Mansyur, juga menitipkan 5 hal kepada wisudawan untuk dijadikan bekal dalam kehidupan bermasyarakat.

    “Berkaryalah dengan kreatif dan inovatif, tumbuhkan jiwa tangguh dan pantang menyerah, jadilah pelopor di mana pun anda berkiprah, jaga marwah almamater dan solidaritas alumni, serta jangan berhenti untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan sebagaimana visi mulia Paguyuban Pasundan,” paparnya.

    Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar-Banten, M. Samsuri, mengapresiasi capaian Unpas karena seluruh wisudawan telah tercatat di PDDIKTI dan mendapat penomoran ijazah nasional.

    Dia berpesan agar lulusan Unpas bisa menjaga dan mendorong Unpas sebagai perguruan tinggi terbaik di wilayah Jabar-Banten.

    “Iringi gelar yang anda peroleh dengan integritas, karena itu akan menjadikan anda dipercaya masyarakat. Bersungguh-sungguh, jujur, dan tetap berpegang pada restu orang tua dalam menapaki karier, karena itu yang menjadi kunci kesuksesan anda,” kata dia.

    Wisuda Unpas Gelombang I TA 2022/2023 diikuti 43 wisudawan program doktor, program magister 180 orang, Fakultas Hukum 178 orang, FISIP 453 orang, Fakultas Teknik 292 orang, FEB 337 orang, FKIP 338 orang, dan FISS 87 orang.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img