spot_img
Selasa 16 April 2024
spot_img
More

    Tebing Setinggi 3 Meter Longsor di Sindangkasih Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tebing setinggi 3 meter dengan panjang 25 meter di  Desa Gunungcupu Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, Jawa Barat longsor menimpa rumah yang ada dibawahnya, Senin (5/12/2022).

    Kejadian tersebut akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya, mulai dari Minggu (4/12/2022) hingga Senin (5/12/2022). 

    Kapolsek Cikoneng Kompol Ipin Tasripin mengatakan, longsor yang terjadi di Desa Gunungcupu tersebut tidak terlalu membahayakan masyarakat, namun warga tetap diminta waspada dengan cuaca akhir-akhir ini. 

    BACA JUGA: Rumah Di Panjalu Ciamis Nyaris Terseret Longsor

    “Kami bersama unsur TNI dan Masyarakat mulai melakukan pembersihan material longsoran,” ucapnya.

    Ipin mengatakan, jajaran Polsek Cikoneng terjun langsung membantu warga merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap warga yang terdampak bencana karena Polri hadir ditengah masyarakat bukan hanya penegak hukum tetapi juga dalam bentuk sosial sehingga bisa bermanfaat dimanapun bertugas.

    “Anggota kami hadir untuk melakukan pendataan sekaligus membantu masyarakat melakukan evakuasi material longsor. Selain itu juga melakukan koordinasi penanganan selanjutnya,” kata dia.

    BACA JUGA: Jalan Tertutup Longsor Gempa Cianjur Sudah Bisa Diakses

    Ipin melanjutkan, karena saat ini hujan masih sering terjadi dengan curahan yang cukup tinggi pihaknya mengimbau kepada warga yang rumahnya berada di daerah rawan bencana seperti di perbukitan dan dekat tebing dan dekat untuk selalu waspada.

    “Masyarakat untuk tetap selalu waspada terhadap bahaya bencana alam bagi warga yang berada di kawasan perbukitan dan dekat tebing agar waspada serta melakukan evakuasi sebelum terjadinya bencana alam yang tidak tahu kapan datangnya,” katanya. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img