spot_img
Senin 30 Januari 2023
spot_img
More

    Apindo Jabar: Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur Harus Tepat Guna dan Sasaran

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bencana gempa bumi yang menimpa Kabupaten Cianjur melahirkan kepedulian dan keprihatinan berbagai pihak. Termasuk dari para pengusaha Jawa Barat yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

    Melalui program DPP Apindo Jabar Peduli, para pengusaha mengumpulkan bantuan bagi korban musibah gempa di Cianjur. Sumbangan bantuan dari para pengusaha pun telah dikirimkan ke Cianjur melalui dua titik di Kabupaten Cianjur yakni di daerah Ciendeur, Kecamatan Warungkondang yang diterima Koordinator Relawan dan di Pendopo Cianjur yang diterima langsung Asda 2 Kabupaten Cianjur, Budi Rahayu Toyib, S.Sos,M.M.

    Penyerahan bantuan dilakukan langsung Ketua DPP Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik didampingi Ketua DPK Apindo Kabupaten Sukabumi, Ketua DPK Apindo Kota Sukabumi, pengurus Apindo Kabupaten Cianjur, serta beberapa pengurus DPP Apindo Jabar. Ning Wahyu beserta rombongan pun menyempatkan diri meninjau beberapa lokasi titik gempa dan beberapa titik pengungsi.

    “Bantuan yang diberikan berupa barang-barang kebutuhan yang sebelumnya sudah kita ditanyakan kepada koordinator relawan yang juga Ketua RW Desa Cieundeur sehingga barang-barang sumbangan tersebut tepat guna dan tepat sasaran. Totalnya ada dua truk bantuan berupa selimut, sarung, mukena, tenda, obat nyamuk lotion, sarden, biscuit kaleng, vitamin, obat-obatan, pampers dewasa, susu untuk balita, dan lainnya,” kata Ketua DPP Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik, Kamis (1/12/2022).

    BACA JUGA: 4.300 Atlet Pelajar Jawa Barat Bertanding di SAC 2022

    fokusjabar.id Apindo Jabar Peduli gempa bumi cianjur
    Apindo Jabar menyalurkan bantuan dari para pengusaha bagi korban bencana gempa bumi di Cianjur. (FOTO: Istimewa)

    Saat meninjau ke beberapa titik pengungsi di Desa Cieundeur, Ning mengatakan jika kondisi para pengungsi dalam kondisi yang baik, tercukupi kebutuhannya dan sehat. Tenda-tenda pengungsi pun dibuat di sepanjang pinggiran sawah serta menjauhi bangunan-bangunan karena dikhawatirkan masih ada trauma jika terjadi gempa susulan.

    “Alhamdulillah, para pengungsi di beberapa titik bisa berdialog dengan saya dan mereka semua mengatakan sehat serta tercukupi kebutuhannya,” Ning menambahkan.

    Saat penyerahan bantuan di Pendopo Cianjur, Ning mengatakan jika Asda 2 Pemkab Cianjur, Budi Rahayu Toyib yang didampingi Ketua Satgas BPBD Kabupaten Cianjur, H. Rudi Wibowo menyampaikan terimakasih atas kepedulian dan dukungan dari para pengusaha Jawa Barat. Dia menyampaikan jika recovery Cianjur akan memakan waktu beberapa bulan karena banyaknya bangunan yang roboh.

    “Pak Asda 2 menyampaikan agar bantuan tidak hanya dikirimkan diawal dan lebih baik beberapa dikirimkan beberapa waktu mendatang agar tidak terjadi penumpukan di masa awal dan kekosongan bantuan di waktu mendatang,” Ning menuturkan.

    fokusjabar.id Apindo Jabar Peduli gempa bumi cianjur
    Ketua DPP Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik saat menyalurkan bantuan bagi korban gempa bumi di Cianjur. (FOTO: Istimewa)

    Saat ini, lanjut Ning Wahyu, DPK Apindo Kabupaten Bogor dan DPK Apindo Kabupaten Karawang telah mengirimkan bantuan pada korban di Cianjur. Dalam waktu dekat, DPK Apindo Kabupaten Sukabumi dan DPP APINDO Lampung pun akan mengirimkan bantuan.

    “Sebelum mengirimkan bantuan, alangkah lebih baik jika berkoordinasi telebih dulu dengan koordinator relawan korban di Cianjur dan dengan pihak pemerintah untuk mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan para korban. Sehingga barang-barang bantuan yang dikirimkan betul-betul dibutuhkan dan dengan waktu yang tepat,” kata Ning.

    “Kami berharap para pengungsi bisa terus terjaga kesehatannya, tercukupi kebutuhannya, dan segera mendapatkan bantuan perbaikan rumah seperti yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo sehingga mereka dapat kembali tinggal dirumah dan mulai memiliki kehidupan normal kembali,” Ning menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img