spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Tolak Kenaikan Cukai Rokok, Petani Tembakau Datangi Kantor Sri Mulyani

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ratusan petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung, mendatangi kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta Pusat.

    Para petani tembakau itu menggelar aksi unjuk rasa untuk meminta pemerintah meninjau ulang kebijakan kenaikan cukai hasil tembakau pada 2023.

    Mereka berharap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersedia menemui langsung demonstran untuk mendengarkan aspirasi mereka.

    BACA JUGA: Ratusan Bus Relawan Jokowi Parkir Paralel dari Pancoran hingga GBK

    “Kita bermaksud datang ke sini agar ibu menteri mendengarkan langsung tidak berdasarkan data, tidak berdasarkan laporan tetapi menemui perwakilan kami sehingga mengerti benar apa yang terjadi dengan kebijakan menaikkan cukai,” kata orator unjuk rasa, Senin (28/11/2022).

    Sebelumnya, Pengurus APTI Jateng M Yamuhadi selaku petani tembakau menegaskan menolak kenaikan cukai rokok yang berlaku mulai Januari 2023.

    “Bahwa kami memang untuk saat ini akan menolak kenaikan cukai karena imbasnya pada pembelian bahan baku yang ada di lokal,” katanya di Temanggung, Minggu, 27 November 2022.

    Dia mengatakan. petani dari Jawa Tengah yang berangkat ke Kementerian Keuangan sekitar 1.300 orang.

    Ratusan petani tembakau Temanggung berkumpul di Balai Desa Gondang Winangun, kemudian berangkat dari Terminal Ngadirejo ke Jakarta dengan mengendarai 23 bus.

    “Kami akan silaturahmi ke Kementerian Keuangan, di sana kami akan menyuarakan bahwa kami melakukan penolakan terkait dengan dengan kenaikan cukai,” kata dia, seperti melansir IDN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img