spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Kekuatan Gempa Cianjur, Lokasi dan Penyebabnya

    CIANJUR,FOKUSJabar.id: Gempa Cianjur pada senin, 21 November 2022 pukul 13.291 WIB, terasa hingga wilayah Kota Bandung dan sekitarnya.

    Melansir detik.com, berikut informasi terkait gempa hari ini di Cianjur.

    Gempa Berpusat di Cianjur

    Terjadi pada pukul 13.21 WIB, Senin, (21/11/2022), berpusatdi 10 km arah barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km.

    Titik gempa berada pada 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur. Badan Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG, Senin (21/11/2022).

    Baca Juga: Waspada! Ada 25 Kali Gempa Susulan Mengguncang Cianjur

    Gempa Cianjur M 5,6 Terasa hingga Bandung

    Guncangan gempa di Kabupaten Cianjur bermagnitudo (M) 5,6 terasa hingga wilayah kotaBandung dan sekitarnya. Selain di Bandung, gempa terasa di Bogor, depok, Sukabumi hingga Jakarta.

    Warga di wilayah kota Bandung merasakan getaran cukup kuat dalam beberapa detik. “Berasa kenceng banget, saya kira bukan gempa,” ungkap warga.

    BMKG Peringatkan Gempa Susulan

    Usai gempa yang terasa hingga wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, pihak BMKG memperingatkan akan adanya gempa susulan. “Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,’ tulis BMKG dalam web resminya, Senin (21/11/2022).

    Kepala BMKG Dwikorita Karnawati,dalam keterangan terpisahnya mengungkapkan akan potensi gempa susulan serta mengimbau masyarakat keluar dari gedung sementara.

    “Kami mohon sebaiknya, termasuk kami sendiri ini ada di dalam gedung. Sebaiknya keluar saja, menunggu, karena kemungkinan masih ada gempa-gempa susulan,” Katanya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/11./2022).

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) meluncur ke Cianjur

    Emil meluncur ke Cianjur meninjau korban terdampak gempa M 5,6. Ia mengatakan, bencana yang terjadi pada pukul 31.21 WIB manghancurkan banyak sekali bangunan dan menelan korban jiwa.

    “Menurut laporan Bapak Bupati sd tadi jam 16.00, terdapat 46 korban jiwa dan 700-an luka-luka,” katanya dalam pernyataan di akun Instagram, Senin (21/11/2022).

    Emil juga mengajak para relawan kesehatan dan kebencanaan untuk membantu warga Cianjur. 

    “Silakan segera mengoordinasikan diri,” ujarnya.

    “Mohon doanya dari kita semua untuk masyarakat Cianjur yang terdampak. Hatur Nuhun,” katanya.

    Baca Juga: Gempa Cianjur, Jumlah Korban Meninggal Dunia Mencapai 46 Orang

    Prosedur untuk Penyelamatan Diri dari Gempa Bumi

    Dwikorita menyampaikan ada beberapa prosedur saat gempa terjadi. Proseedur tersebut perlu warga perhatikan terutama yang tengah berada di dalam ruangan. 

    Berikut poin-poinnya:

    • Kosongkan gedung terlebih dahulu, lalu menunggu di luar sampai menunggu perkembangan.
    • Saat goyangan gempa terjadi, harus bersembunyi di bawah meja.
    • Saat goyangan akibat gempa berhenti, harus segera keluar dari gedung.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img