spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Bertahan di Big Five, Kota Bekasi Naik Peringkat di Porprov XIV Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kontingen Kota Bekasi berhasil kembali masuk di jajaran lima besar pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022 yang secara resmi ditutup Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pada Sabtu (19/11/2022) lalu. Kontingen Kota Patriot ini berhasil mengoleksi 278 medali dengan rincian 77 medali emas, 85 perak, dan 116 perunggu.

    Hingga akhir perhelatan multieven olahraga terakbar di Jabar, Kota Bekasi berada di peringkat empat klasemen akhir raihan medali. Posisi tiga besar diraih Kabupaten Bekasi (189 emas, 139 perak, 123 perunggu), Kabupaten Bogor (139 emas, 130 perak, 123 perunggu), dan Kota Bandung (121 emas, 116 perak, 157 perunggu).

    Ketua KONI Kota Bekasi, H. Abdul Rasyad Irwan mengatakan, prestasi yang diraih pada Porprov XIV Jabar mengalami peningkatan dibanding gelaran sebelumnya di Kabupaten Bogor tahun 2018. Pada Porprov XIII Jabar tahun 2018, Kota Bekasi berada di posisi kelima dengan raihan 46 medali emas dan berada di bawah Kota Bogor.

    “Di Porprov XIV Jabar, kita berhasil naik ke peringkat empat diatas Kabupaten Bandung dan Kota Bogor. Dari sisi raihan medali emas pun naik menjadi 77 medali emas,” kata Rosyad Irwan, Senin (21/11/2022).

    BACA JUGA: Tim Renang Junior Garut Raih Perak Porprov XIV Jabar

    Keberhasilan Kota Bekasi mendongkrak peringkat di klasemen maupun raihan medali emas, kata Rosyad Irwan, merupakan kerja keras seluruh kontingen. Baik atlet, pelatih, official, pengurus cabang olahraga, pengurus KONI, hingga dukungan dari pemerintah kota Bekasi.

    “Bapak Plt Wali Kota Bekasi (Tri Adhianto Tjahyono) mengintruksikan untuk membuat program bapak asuh bagi cabor-cabor di Kota bekasi. Program itu cukup berhasil dalam menyokong keberhasilan Kota Bekasi di Porprov XIV Jabar ini,” dia menambahkan.

    Dengan hasil yang diraih Kota Bekasi di ajang Porprov XIV Jabar, lanjut dia, menunjukkan jika Kota Patriot telah menjadi salah satu barometer olahraga prestasi di Jawa Barat. Bahkan Kota Bekasi berhasil menyabet juara umum di beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di Porprov XIV Jabar.

    “Kita berhasil menjadi juara umum di beberapa cabang olahraga, diantaranya di tinju, bowling, dan barongsai. Kedepan, Kota Bekasi akan selalu diperhitungkan sebagai kekuatan baru di Jabar karena dari dulu sudah dikenal sebagai daerah lumbung pembinaan atlet sehingga sangat wajar jika atlet peraih medali emas asal Kota Bekasi yang didominasi atlet-atlet muda bisa menjadi tumpuan Jabar bahkan Indonesia di berbagai even,” Rosyad Irwan menegaskan.

    BACA JUGA: Kabupaten Bekasi Juara Umum Porprov XIV Jabar, Gubernur: Saatnya Cetak Rekor Hattrick di PON XXI

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img