spot_img
Minggu 5 Februari 2023
spot_img
More

    TMMD Ke-115, TNI Bantu Pemerintah Dan Masyarakat Mengakselerasi Pembangunan

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115, TNI berpadu dengan masyarakat membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    TMMD hadir membantu pemerintah daerah maupun masyarakat, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan melalui pembangunan infrastruktur fisik atau non fisik, yang dibutuhkan masyarakat.

    TMMD adalah program lintas sektoral yang dilaksanakan secara terpadu antara TNI, lembaga pemerintah dan masyarakat, untuk mengakselerasi pembangunan di daerah terutama di desa-desa terpencil, terisolasi, terluar yang minim infrastruktur.

    BACA JUGA: Keputusan Pj Wali Kota Tasikmalaya Ditangan Kemendagri

    Hal itu mengemuka pada upacara penutupan TMMD ke-115 di lapangan Desa Cikadongdong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). 

    Upacara penutupan TMMD Ke-115 tahun 2022, dengan tema “TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI”, dipimpin langsung Danrem 062/TN, Kolonel Inf Asep Sukarna. 

    Hadir dalam kegiatan tersebut, Aster Kasdam III/Slw, Kol Arm Sarifudin, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno, S.IP dan pemerintah desa.

    Pangdam III/ Slw selaku pengendali kegiatan operasi TMMD melalui Danrem 062/TN, Kolonel Inf Asep Sukarna, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Bupati beserta Forkopimda yang telah mensukseskan TMMD. 

    “TMMD menjadi sarana terbaik TNI untuk membangun manunggal dengan masyarakat,” kata Asep Sukarna. 

    Dia berpesan kepada pemerintah daerah dan masyarakat, untuk terus bekerjasama dengan TNI dalam membangun daerah dan mengatasi berbagai permasalahan  termasuk menjaga pertahanan negara di daerah, demi tegaknya kedaulatan NKRI. 

    Lebih lanjut dia menyebutkan, berbagai program telah diwujudkan di TMMD 115 ini dan digunakan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat. 

    “Untuk sasaran fisik yang diresmikan, meliputi Jembatan Cilumpang, pengerasan jalan sepanjang 2890 meter, rumah tidak layak huni, pengecatan masjid, dan tembok penahan tanah (TPT),” tutur Asep Sukarna.

    Selain Itu, di lokasi TMMD juga dilakukan pengaplikasian dan penaburan Bios 44 di kolam ikan milik warga Desa Cikadongdong. 

    Hal tersebut bertujuan agar budidaya ikan di Cikadongdong berkembang pesat dengan hasil panen yang maksimal dengan pemberian Bios 44.

    BACA JUGA: Ciamis​ Melaju ke Babak Semifinal Beregu Tenis Meja Porprov XIV Jabar

    Sementara itu Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto mengaku sangat berterima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan TMMD di Kabupaten Tasikmalaya sejak Oktober 2022.

    Menurutnya, dalam TMMD ini bukan hanya pembangunan jalan, jembatan ataupun rumah, yang terpenting adalah, melalui TMMD, TNI telah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hukum, pertanian dan juga semangat gotong royong.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img