spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Wali Kota Tasikmalaya Minta RAPI Berperan dalam Permasalah Dearah

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf meminta Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah Tasikmalaya bekerjasama membantu beragai permasalahan di daerah bukan hanya penanganan bencana. 

    Yusuf mengatakan, RAPI sebagai relawan kebencanaan sangat berjasa dalam penanganan bencana di daerah, bahkan mereka merupakan garda terdepan. Maka dengan demikian para relawan ini butuh kemampuan yang lebih mumpuni. 

    “Relawan bencana itu sangat berjasa dalam membantu penanganan bila terjadi bencana di daerah, mereka menjadi garda terdepan jika terjadi bencana,” kata Yusuf dalam pembekalan penanganan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Sabtu (5/11/2022).

    BACA JUGA: PKL Kota Banjar Direlokasi, Jalan Kantor Pos Jadi Kawasan Wisata Kuliner

    Menurutnya, pelatihan ini upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas anggota RAPI sebagai relawan bencana, agar lebih cepat dalam memberikan informasi jika terjadi bencana.

    “Pelatihan respon cepat penanganan bencana ini, bisa meningkatkan kecakapan dan kecepatan dalam memberikan pertolongan bagi korban bencana,” ujar Yusuf.

    Pihaknya juga berharap, teman-teman dari RAPI ini bisa menyelaraskan program-program kerjanya dengan pemerintah daerah dalam menangani permasalahan kemasyarakatan.

    “RAPI harus bersinergi dengan pemerintah, tidak hanya berbicara komunikasi, tapi bisa berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi seperti masalah kemiskinan dan masalah persampahan di Kota Tasikmalaya,” kata dia.

    “Apalagi Tasikmalaya ini termasuk daerah di Jawa Barat yang menjadi rawan terjadi bencana,” kata dia menambahkan.

    Sementara Ketua RAPI Daerah 10 Jawa Barat Nur Yaseer mengatakan, hasil pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas anggota RAPI dan lebih cepat lagi dalam merespon dan menginformasikan tentang kebencanaan di daerah.

    BACA JUGA: Tukang Jajanan Cabuli Bocah di Depok Diamankan Polisi

    “Kami relawan RAPI tidak hanya fokus pada informasi bencana alam, lebih dari itu anggota RAPI juga akan merespon berbagai bencana lainnya seperti bencana sosial, teknologi serta wabah penyakit demi mempercepat penanganan,” kata dia.

    Dia mengaku siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menangani permasalahan sosial di daerah, kata dia program kerja RAPI tentu akan dikolaborasikan dengan kegiatan pemerintah guna membantu menyelesaikan permasalahan sosial.

    “Kita punya satgas Bansos dari program unit kerjasama dan pengabdian masyarakat,” katanya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img