spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Muspika Rancah Ciamis Turun Tangan Tangani Rutilahu Nyaris Ambruk

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Rancah Kabupaten Ciamis turun tangan untuk membantu salah seorang warga yang mendiami rumah tidak layak huni (Rutilahu) bahkan nyaris ambruk. 

    Rumah yang akan dibenahi oleh Muspika Rancah tersebut adalah milik Rumhati (78) warga Dusun Cimulya RT 22/09 Desa Patakaharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Saat ini Rumhati tinggal seorang diri dalam kondisi kehidupan yang memprihatinkan. 

    Sekretaris Kecamatan Rancah Osef Hernadi mengatakan, berangkat dari kondisi rumah yang sudah tidak layak huni dan memprihatinkan, pihaknya bersama Muspika dan masyarak berinisiatif untuk membangun kembali rumah warganya tersebut.

    BACA JUGA: Penerima Program Rutilahu Di Ciamis Menurun

    “InsyaAllah kami bersama masyarakat dan unsur Muspika Rancah akan bangun rumah Nenek Rumhati,” katanya. Jumat (4/11/2022)

    Osef menuturkan, selama ini Rumhati  mengalami kesulitan dalam aktifitas kesehariannya karena tidak bisa berjalan dengan sempurna karena keterbatasan fisik sejak dilahirkan sehingga tidak bisa kemana-mana.

    Rutilahu
    Rumah Rumhati warga Kecamatan Rancah yang tidak layak huni. (Foto: Husen)

    “Insyaallah hari Senin yang akan datang kami akan bangunkan  tempat mandi,cuci dan kakus (MCK) terlebih dahulu untuk mempermudah Nenek Rumhati melakukan aktifitas kesehariannya,” ucapnya.

    Osef mengatakan, setelah dibangunkan tempat mandi, cuci dan kakus (MCK) kedepanya pihaknya berencana juga merehab rumah Nenek Rumhati tersebut dengan menggandeng BAZNas Kabupaten Ciamis karena saat ini kondisinya sudah lapuk dan sewaktu-waktu tanpa terduga bisa ambruk.

    BACA JUGA: Disdik Ciamis Ajukan 1.150 Kuota P3K Tahap 3 Tahun 2022

    “Mudah-mudahan saja rencana merehab rumah milik Nenek Rumhati itu bisa sesuai rencana,” kata dia.

    Sementara itu Sekretaris Desa Patakaharja Kustaman, sangat mengapresiasi sekali rencana dari Muspika Kecamatan Rancah yang akan melakukan pembangunan tempat Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan perehaban rumah milik warganya tersebut.

    “InsyaAllah warga disini saat mulai pembangunan akan membantu secara gotong royong,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img