spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Cerita Syeh Jatiwana Penyebar Islam Kerajaan Galuh Yang Dicintai Masyarakat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Syeh Jatiwana yang dikebumikan di Komplek Pemakaman Dusun Panyingkiran Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis Jawa Barat hingga saat ini masih banyak didatangi peziarah dari berbagai pelosok negeri.

    Makam Syeh Jatiwana ini banyak didatangi peziarah karena merupakan penyebar agama islam di kerajaan Galuh pada masa itu.

    Menurut pimpinan Pondok Pesantren Al Istiqomah H Anang Supriadi, Syeh Jatiwana  itu merupakan seorang ulama utusan dari Kerajaan Banten yang ditugaskan untuk menyebarkan Agama Islam di daerah Kerajaan Galuh.

    BACA JUGA: Rohmat Sumbang Medali Emas bagi Kota Bandung dari Cabor Loncat Indah

    “Beliau ini Syeh Jatiwana mendapat perintah dari Raja Banten datang ke Galuh untuk menyebarkan Agama Islam,” katanya. Rabu (2/11/2022).

    Anang menuturkan, dalam menyebarkan Agama Islam disini beliau sangat dicintai masyarakat karena tidak pernah melakukan kekerasan sehingga masyarakat yang tadinya belum masuk Agama Islam menjadi memeluk Agama Islam.

    Anang mengatakan, sebelum komplek pemakaman ini dipelihara dan dibersihkan seperti saat ini memang banyak masyarakat yang melihat keanehan-keanehan di lokasi tersebut, seperti penampakan harimau dan cahaya-cahaya gemerlapan seperti lampu taman.

    “Bahkan ada warga disini yang tidak mempercayai bahwa makam itu merupakan tempat disemayamkannya Syeh Jatiwana langsung ditemui makhluk gaib dan seketika warga itu lari kocar kacir,” jelasnya.

    BACA JUGA: Terungkap! Bukan Cuma Brimob yang Tembakkan Gas Air Mata di Kanjuruhan

    Anang melanjutkan, tetapi bagi warga yang mempercayai bahwa makam tersebut merupakan tempat disemayamkannya Syeh Jatiwana dan selalu menziarahinya warga tersebut saat pulang diantarkan makhluk gaib dengan menaiki Sajadah terbang.

    “Orangnya saat ini masih ada saat pulang berziarah dari sini. Dia diantar ke rumahnya dengan naik sajadah terbang,” kata dia. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img