spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Besok (2/11), Medali Emas Pertama Porprov XIV Jabar Diperebutkan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Medali emas pertama Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022, dipastikan hadir pada Rabu (2/11/2022) besok. Terdapat dua cabang olahraga yang akan memulai pertandingan dan memperebutkan medali emas.

    Ketua Panitia Pusat (PP) Porprov XIV Jabar, M. Budiana mengatakan, dua cabang olahraga yang memulai pertandingan dan langsung memperebutkan medali emas pada Rabu (2/11/2022) besok yakni renang perairan terbuka atau open water swimming (OWS) dan loncat indah. Cabor OWS akan dipertandingkan di Kabupaten Pangandaran, sedangkan oncat indah di kolam renang UPI Kota Bandung.

    “Lahirnya medali emas pertama ini menjadi tanda jika gelaran Porprov XIV Jabar mulai memasuki persaingan. Tidak hanya di OWS atau loncat indah saja, tapi di semua cabang olahraga,” kata Budiana kepada wartawan, Selasa (1/11/2022).

    Cabang olahraga OWS, lanjut Budiana, akan mempertandingkan total 12 nomor pertandingan yang masing-masing enam nomor di kelompok putra dan putri dan pada pertandingan di hari perdana, Rabu (2/11/2022), akan memperebutkan tiga medali emas. Sedangkan cabang olahraga loncat indah, total memperebutkan 16 medali emas yang masing-masing delapan nomor pertandingan di putra dan putri.

    “Kemungkinan besar, medali emas pertama akan lahir dari cabang olahraga OWS yang digelar di Pangandaran. Berdasarkan jadwal, tiga nomor yang memperebutkan medali emas akan mulai dipertandingkan pada pagi hari,” kata Budiana yang merupakan Ketua Harian KONI Jabar dan kandidat kuat Ketua Umum KONI Jabar 2022-2026 ini.

    BACA JUGA: PP Porprov XIV Jabar Terus Evaluasi Pertandingan Cabor

    Cabang olahraga OWS dan loncat indah, kata Budiana, menjadi cabang olahraga yang keempat yang mulai menggelar pertandingan di perhelatan Porprov XIV Jabar. Sebelumnya, tiga cabang olahraga sudah memulai pertandingan yakni bola voli indoor, futsal, dan sepak bola putra.

    “Aura Porprov XIV Jabar ini sudah sangat terasa, terutama di kota dan kabupaten yang sudah menggelar pertandingan. Aroma persaingan diantara kota dan kabupaten peserta pun sudah berjalan,” Budiana menambahkan.

    Perhelatan Porprov XIV Jabar, total mempertandingkan 78 cabang olahraga dengan memperebutkan total 1.044 medali emas. Perhelatan multieven olahraga empat tahunan di Jabar ini, akan dibuka secara resmi pada 12 November 2022 di stadion Galuh, Kabupaten Ciamis dan ditutup di lokasi yang sama pada 19 November 2022.

    “Porprov XIV Jabar ini awal bagi persiapan menghadapi PON XXI tahun 2024 di Aceh dimana Jabar bertekad mempertahankan juara umum. Meski ditengah keterbatasan, terutama dari sisi anggaran pasca dua tahun pandemi, perhelatan Porprov XIV Jabar diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet terbaik untuk membela panji-panji Jabar di PON XXI,” Budiana menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img