spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dari Gadget

    Fokusjabar.id: Kesehatan Mata, di era digital sekarang ini setiap individu pasti memiliki gadget seperti ponsel maupun komputer untuk menunjang pekerjaan maupun sekedar hiburan. Sayangnya menggunakan komputer berjam-jam bisa secara perlahan dapat merusak mata.

    Pandemi covid 19 telah mengantarkan masyarakat pada sebuah masa revolusioner yang membuat penggunaan gadget jauh lebih sering kita gunakan untuk bekerja. Menatap layar komputer terlalu lama akan berdampak buruk pada kesehatan mata.

    Baca Juga: Cara Merubah Google Dokumen Menjadi Dark Mode di PC

    Pada dasarnya menjaga kesehatan mata di era gadget tidak jauh berbeda dengan era sebelumnya. Namun, faktor risiko gangguan kesehatan mata era gadget lebih tinggi dari era sebelumnya.

    Rata-rata, orang Indonesia menghabiskan 8 jam 36 menit untuk mengakses Internet. Oleh karena itu, perlu cara yang lebih baik untuk menjaga kesehatan mata.

    Cara Menjaga Kesehatan Mata Dari Gadget

    1. Atur jarak layar

    Sebaiknya posisikan jarak layar sejajar dengan mata atau posisikan 15% lebih rendah dari bidang horizontal mata agar mengurangi pegal mata dan leher. Hindari posisi layar yang lebih tinggi yang membuat leher terlalu mendongak membuat penggunaan tidak nyaman.

    2. Pastikan posisi duduk ergonomis

    Posisi duduk selama bekerja di depan komputer juga berpengaruh bagi kesehatan mata dan leher agar tidak mudah pegal. Hindari posisi duduk yang menunduk, miring, ataupun sambil tiduran.

    3. Atur kontras dan kecerahan monitor

    Hindari tempat-tempat yang terlalu terang, agar pencahayaan monitor bisa menyesuaikan dan bisa menggunakan secara baik supaya mata tidak silau. Gunakan dark mode yang membuat layar lebih gelap dan teks lebih terang membuat mata jauh lebih nyaman.

    4. Penggunaan kacamata anti radiasi

    Dalam penggunaannya lensa kacamata ini bisa membantu memfokuskan penglihatan pengguna komputer. Jika kamu sudah memiliki gangguan penglihatan pastikan pakai kacamata dengan ukuran lensa yang sesuai.

    5. Istirahatkan mata dan leher secara berkala

    Berkedip lebih sering juga bisa mencegah mata kering. Lakukan senam mata dengan memandang objek yang berada sekitar 20 meter selama 20 detik setiap 20 menit menggunakan komputer.

    Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Video Gratis Tanpa Watermark Untuk Smartphone Android

    Lakukan peregangan sederhana untuk merelaksasikan otot leher dan pinggang setiap satu jam agar meringankan otot yang terlalu lama tegang saat pengerjaan tugas.

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img