spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    40 Anak di Jakarta Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut Misterius

    JAKARTA,FOKUSjabar.id: Sebanyak 40 orang anak meninggal dunia akibat penyakit gagal ginjal akut misterius di Jakarta.

    Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, per Rabu (19/10/2022) pagi, pihaknya mencatat sudah ada 71 kasus gagal ginjal misterius tersebut di Ibu Kota.

    “Data sementara yang sudah kita olah sejak Januari sampai 19 Oktober ada 71 kasus, 40 di antaranya meninggal,” kata Widyastuti di Labkesda.

    Widyastuti menyebut dari 71 kasus tersebut, sebanyak 60 kasus atau 85 persen adalah usia anak di bawah lima tahun (balita) dan 11 kasus atau 15 persennya merupakan usia 5 sampai 18 tahun.

    BACA JUGA: Minim Empati, TGIPF Sentil Kelakuan PSSI Malah Main Bola dengan FIFA

    “Sebanyak, 16 pasien menjalani perawatan, dan 15 pasien sudah sembuh,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    Widyastuti menambahkan, saat ini pasien gagal ginjal akut misterius ini sebagian besar berjenis kelamin laki-laki dan paling banyak berdomisili di DKI Jakarta.

    “Dari 71 kasus, 35 berdomisili di DKI Jakarta, kemudian 9 Banten, Jawa Barat 16 kasus, dan Jabodetabek 7 kasus,” ujarnya.

    Widyastuti mengungkapkan, pihaknya saat ini proaktif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada semua rumah sakit dan puskesmas di DKI Jakarta untuk mengidentifikasi sesuai surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

    Utamanya adalah tentang tata laksana pasien gagal ginjal yang sebagian besar didominasi anak.

    “IDAI sudah mengeluarkan edaran, Kemenkes keluarkan edaran, dan kami sosialisasi sehingga rumah sakit yang sempat merawat dan sedang merawat melaporkan kepada kami,” ucapnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img