spot_img
Sabtu 1 Oktober 2022
spot_img
More

    Ngalap Berkah, Petilasan Dalem Abrur di Ciamis Banyak Di Datangi Calon Prajurit

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Petilasan Dalem Abrur yang lokasinya tidak jauh dari Situs Ki Wangun Tapa yang berada di Desa/Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis Jawa Barat setiap setiap akhir pekan banyak didatangi calon anggota TNI untuk berziarah. 

    Banyaknya anggota TNI yang berziarah ke tempat tersebut karena berkembang cerita masyarakat bahwa Dalem Abrur semasa hidupnya merupakan seorang prajurit yang cukup sakti. 

    “Beliau itu semasa hidupnya merupakan seorang prajurit Kerajaan Galuh yang pilih tanding karena tubuhnya tidak mempan senjata,” katanya. Kamis (11/8/2022).

    BACA JUGA: Penerima Program Rutilahu Di Ciamis Menurun

    Soleh menuturkan, karena kesaktian yang dimiliki oleh Dalem Abrur semasa hidupnya itu wilayah yang dikuasainya dalam keadaan aman dan tentram tidak ada kejadian perampokan ataupun maling yang menjarah harta rakyat.

    “Kala itu situasi aman dan tentram karena para perusuh pun takut akan kesaktian dari Dalem Abrur,” ucapnya.

    Soleh mengatakan, kesaktian yang dimiliki Dalem Abrur tersebut sampai saat ini masih dipercayai sejumlah orang sehingga pahalanya banyak dikunjungi para peziarah.

    “Orang-orang yang datang kesini merekatkan hajatnya ingin menjadi seorang Prajurit, ” katanya.

    Soleh menjelaskan, di petilasan Dalem Abrur yang berupa bukit kecil suka memberi pertanda kepada masyarakat bilamana akan ada sesuatu kejadian, kerusuhan, paceklik atau bencana alam yaitu berupa tangisan yang asalnya dari lokasi petilasan tersebut.

    “Kalau di daerah sini akan terjadi gagal panen (Paceklik) biasa ada pertanda suara orang nangis dari arah Petilasan Dalem Abrur. Namun hal itu tidak sepenuhnya harus dipercaya karena hanya Allah SWT yang harus menjadi patokan hidup kita,” katanya.

    BACA JUGA: Sejumlah Warga Harus Mengungsi Akibat Banjir di Lakbok Ciamis

    Soleh melanjutkan, karena lokasi petilasan Dalem Abrur berupa perbukitan dengan pohon-pohonnya yang terjaga baik maka untuk kelestarianya meminta seluruh warga Baregbeg untuk melestarikan agar persediaan air tidak terganggu akibat bukitnya gundul karena penebangan liar oleh pihak tidak bertanggung jawab.

    “Saya mohon kepada seluruh warga dan pemerintahan Desa Baregbeg untuk sama-sama menjaga dan merawat petilasan Dalem Abrur  demi kelangsungan hidup kita serta generasi yang akan datang,” kata dia. 

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img