spot_img
Jumat 17 Mei 2024
spot_img
More

    78 Petugas Lapas Kelas IIB Ciamis Lakukan Tes Urine

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Antisipasi penyebaran narkoba, sebanyak 78 petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIB Kabupaten Ciamis lakukan tes urine, Jumat (15/7/2022).

    Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan (KKPLP) Lapas Kelas II B Ciamis Herdi mengatakan, Lapas Ciamis melakukan kegiatan bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan program lapas Ciamis bersinar.

    “Dalam kegiatan ini ada tes urine bagi petugas lapas untuk menghindari adanya pelanggaran disiplin yang dilakukan petugas seperti mengkonsumsi atau melakukan peredaran narkoba,” kata Herdi.

    Lebih lanjut, Herdi menjelaskan, tes urine di kalangan petugas juga dilakukan untuk memberantas penyebaran narkoba di lingkungan lapas. Jika ada petugas yang ditemukan positif, maka akan ditindak sesuai prosedur hukum.

    “Lapas Ciamis harus maju seperti yang pimpinan inginkan dengan melakukan deteksi dini peredaran dan penyalahgunaan narkoba, pemberantasan di mulai dari petugas dan sinergitas,” dia menjelaskan.

    BACA JUGA: Harga Cabe Rawit Domba di Pasar Ciamis Makin Pedas

    Sementara Penyidik Muda BNN Kabupaten Ciamis Yudi mengatakan, kegiatan tes urine akan dilakukan secara berkala untuk menjadikan lapas bebas dari narkoba. Tes dimulai dari para petugas lapas.

    “Ini prinsipnya Dirjenpas mewajibkan semua lapas untuk melakukan sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran narkotika secara berkala,” kata Yudi.

    Menurutnya, ada beberapa tahap jika ditemukan petugas yang positif. Mulai dari pendalaman yang dilanjutkan dengan konfirmasi alat.

    “Bisa jadi kan alatnya error maka kita lakukan konfirmasi alat. Terus pendalaman kalau memang benar-benar positif, nanti ada mekanisme yang kita laksanakan,” dia menegaskan.

    (Fauza/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img