spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Harga Cabai Naik, Pedagang Nombok

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Harga sejumlah komoditas, seperti cabai tanjung, tomat hingga kentang di pasar Kosambi Kota Bandung masih tinggi. Kenaikan harga terjadi karena minim persediaan dan banyak petani gagal panen.

    Salah seorang pedagang sayur di Pasar Kosambi Abang mengatakan, sejak libur Idul Adha, harga cabai tanjung naik mencapai Rp150 ribu per kilogram. Saat ini harga cenderung menurun namun masih tinggi, yakni Rp140 ribu per kilogram.

    “Sekarang Rp140 ribu, masih mahal. Biasanya Rp50-60 ribu per kilogram,” kata Abang di Pasar Kosambi Kota Bandung Jabar, Rabu (13/7/2022).

    BACA JUGA: Harga Bensin Termahal Sepanjang Sejarah, Raisa Sampai Istigfar

    Menurut dia, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas lain, seperti kol yang biasa Rp6-7 ribu per kilogram menjadi Rp12 ribu per kilogram.

    Begitupun dengan bawang merah Brebes dari Rp40 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram. Tomat dari Rp3 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram dan kentang dari Rp14 ribu menjadi Rp17 ribu per kilogram.

    “Pedagang banyak yang ngeluh dengan kondisi ini,” kata dia.

    Kenaikan harga, kata dia, dipicu kosongnya persediaan dan banyaknya petani yang gagal panen. Pihaknya pun tidak mengetahui sampai kapan kondisi seperti itu terus berlangsung.

    BACA JUGA: Cuaca Buruk, Harga Cabai Rawit Meroket

    “Pedagang inginnya harga normal, sekarang tidak menentu bahkan sering nombok,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img