spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Cuaca Buruk, Harga Cabai Rawit Meroket

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Harga cabai rawit merah di Kota Bandung naik dua kali lipat. Sebelumnya, harga cabai merah sekitar Rp 40ribu per kilogram, dan kini naik menjadi Rp80 ribu per kilogram.

    “Semalam naiknya Rp20 ribu, pas malam belanja dari sananya udah Rp60 ribu sampai Rp65 ribu, jadi kami pasti jual Rp80 ribu. Jaga-jaga karena banyak yang busuk. Sekarang juga nggak berani stok, karena kualitasnya lagi jelek,” kata Elly seorang pedagang sayuran di Pasar Kosambi Bandung, Sabtu (5/3/2022).

    Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, kenaikan harga cabai rawit tidak terlalu berpengaruh besar, karena tidak termasuk daftar komoditas pangan strategis.

    BACA JUGA: Harga Cabai Rawit Melejit, Pembeli Menjerit

    “Jadi kami memprioritaskan komoditi yang banyak diperlukan masyarakat, kalau cabai rawit nggak masuk, dia termasuk ke jenis pangan relatif, karena kebutuhannya tidak terlalu diprioritaskan,” kata Elly melalui sambungan telepon.

    Adapun faktor melambungnya harga cabai, karena pengaruh hujan, sehingga cabai kurang bagus. Kalau musim hujan kualitasnya berkurang, karena kadar airnya tinggi sehingga mudah busuk.

    “Pedagang juga tidak bisa memasok, kerena cepat busuk, itu sebabnya kalau musim hujan harga cabai pasti mahal,” kata Elly.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img