spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Thailand Sebut Mie Instan Indonesia Tidak Memenuhi Standar Kesehatan

    THAILAND,FOKUSJabar.id: Otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan Taiwan (FDA) dikabarkan menahan sejumlah kapal yang mengangkut mie instan dari Indonesia.

    Otoritas Taiwan menolak mie instan asal Indonesia ini masuk karena kandungan residu pestisidanya cukup tinggi dan melewati batas ketentuan.

    Tak hanya dari Indonesia, sejumlah produk mi instan dari Filipina dan Jepang juga ditolak masuk ke Taiwan.

    Otoritas Taiwan menyita lebih dari 4.000 kilogram mie instan dari tiga negara tersebut. Pun, hampir 1.000 kilogram minyak camellia karsinogenik dari Cina.

    Taiwan News, Rabu (6/7/2022) memberitakan, pengiriman terbesar yang ditolak berasal Indonesia yaitu mie dengan merek Mie Sedaap.

    Disebutkan, kadar etilen oksida dalam produk yang diimpor oleh ELOM Group Company dari Taiwan ini sangat besar.

    BACA JUGA: Brutal! Pria Kulit Hitam Dihujani Peluru oleh Polisi hingga Tewas di AS

    “Ada lima jenis produk yang ditahan yaitu rasa Korean Spicy Soup, Kuah Baso Spesial, Ayam Bawang, Korean Spicy Chicken dan Soto,” tulis FDA, seperti dilansir IDN.

    Sementara itu, merek Lucky Me Curly Spaghetti dari Filipina juga ditolak.

    Merek mi instan dari Jepang, Acecook, yang diimpor oleh Zhong Xin International Development Co juga ditahan oleh otoritas Taiwan.

    Ada pula minyak asal China, Best Camellia, yang diimpor oleh Eugene Electronic Co Taiwan. Minyak tersebut ditemukan mengandung kadar karsinogen yang berlebihan.

    Otoritas Taiwan mengatakan, produk makanan impor yang kandungannya tidak sesuai dengan standar, nantinya akan dikembalikan atau dimusnahkan.

    Otoritas tersebut juga mengatakan petugas bea cukai akan meningkatkan persentase sampel pemeriksaan makanan impor dari Indonesia yang semula lima hingga 10 menjadi 20 persen.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img