spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Partai Gelora Jabar Minta Bawaslu Jaga Kualitas Pemilu 2024

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mendekati tahapan Pemilu 2024, DPW Partai Gelora Indonesia menyambangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar.

    Ketua DPW Partai Gelora Jabar Haris Yuliana menfokuskan pembahasan pada langkah dan upaya menciptakan Pemilu yang baik dan berkualitas. Dimana Bawaslu harus benar-benar menjaga jalannya Pemilu dari bahayanya mafia politik.

    “Tahun ini Kita akan menghadapi tahapan pemilu. Dengan begitu, Bawaslu akan mulai bekerja keras. Sehingga dari mulai tahapan Pemilu sampai dilaksanakannya Pemilu harus berjalan lancar tanpa ada kecurangan,” kata Haris, Selasa (5/7/2022).

    Gelora
    Partai Gelora Jabar menyambangi Bawaslu Jabar (IST)

    BACA JUGA: Nobar Film Naga Naga Naga, Ketua Gelora Jabar: Ini Sarat Nilai Kebangsaan

    Selama Pemilu dilaksanakan, kata dia, kecurangan dalam pemilu selalu terjadi. Maka Haris berpesan agar pada Pemilu 2024 Bawaslu tidak kecolongan.

    “Dari tahun ke tahun, kecuarangan politik ini sering terjadi. Politik uang sering terjadi, bahkan hari ini politik uang dianggap sebagai sodaqoh,” kata dia.

    Haris menekankan bahwa kualitas pemilu yang baik, bukan dari banyaknya penindakan pelanggaran selama pemilu, tetapi semakin sedikit penindakan berarti semakin tidak ada kecurangan.

    Disitulah keberhasilan Bawaslu dalam menjaga kulitas pemilu.

    “Karena memang tugas dari Bawaslu adalah menyadarkan partai politik dan masyarakat terhadap kecurangan dalam Pemilu,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua Bawaslu Jawa Barat (Jabar) Abdullah Dahlan mengatakan bahwa pihaknya akan segera mensosialisasikan pencegahan pelanggaran Pemilu 2024 kepada masyarakat dan partai politik.

    “Nanti kita agendakan sosialisasi pencegahan pelanggaran Pemilu. Saat ini kita sedang melakukan rekrutmen anggota Bawaslu sampai tingkat kecamatan,” kata Abdullah.

    Saat ini, kata dia, KPU pun sedang dalam proses verifikasi Parpol dan Bawaslu akan mengawal jalannya verifikasi. Jika ada Parpol yang seharusnya lolos tetapi tidak lolos, Bawaslu akan membantu partai tersebut. Begitu pun sebaliknya, jika ada Parpol yang seharusnya tidak lolos tapi diloloskan oleh KPU, kita akan bertindak.

    BACA JUGA: Bawaslu Tasikmalaya Diskusi Dalam Kantor Hadapi Era 4.0

    Pihaknya mempersilakan kepada Partai Gelora untuk mengikuti Pemilu 2024 dengan baik tanpa melakukan kecurangan.

    “Partai Gelora silakan bertarung secara fair dengan tidak melakukan pelanggaran Pemilu,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img