spot_img
Kamis 23 Mei 2024
spot_img
More

    Lagi, Pasukan Israel Tembak Mati Pemuda Palestina di Tepi Barat

    GAZA,FOKUSJabar.id: Pasukan Israel menembak mati seorang pemuda Palestina di Tepi Barat sebelah utara, Kota Jenin, pada Rabu (29/6/2022).

    Pemuda Palestina tersebut bernama Muhammad Maher Marei yang berusia 25 tahun diketahui tertembak di bagan dada.

    Korban dilarikan ke Rumah Sakit Pemerintah Khalil Suleiman di Jenin pada pukul 05.00, waktu setempat, kata Wissam Baker, kepala rumah sakit, dilansir Kantor Berita WAFA.

    Insiden penembakan itu terjadi usai bentrokan bersenjata pecah antara tentara Israel dan pejuang Palestina pada saat serangan bersenjata subuh.

    Al Jazeera memberitakan, Baker mengatakan kepada TV Palestine bahwa sebuah peluru menembus jantung Marei. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi nyawanya tak tertolong.

    BACA JUGA: Pemberontakan di Kamerun Memanas, 26 Warga Sipil Dibantai

    Baker menduga, Marei memang sengaja ditargetkan untuk dibunuh oleh penembak jitu.

    “Ini kemungkinan besar peluru dari penembak jitu yang bertujuan untuk membunuh,” kata Baker.

    “Inilah yang kami biasakan dalam penggerebekan baru-baru ini di kegubernuran Jenin – tidak ada penyerbuan yang terjadi tanpa cedera yang mematikan. Bahkan mereka yang terluka datang dengan luka kritis,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    Disisi lain, tentara Israel mengklaim insiden penembakan tersebut terjadi lantaran pasukannya diserang.

    Tentara menangkap setidaknya 13 warga Palestina dari seluruh Tepi Barat yang diduduki pada Rabu malam.

    Selama beberapa bulan terakhir, pasukan Israel secara khusus mengintensifkan serangan mereka di Jenin. Kota itu diyakini menjadi tempat asal beberapa kelompok bersenjata Palestina aktif, terutama di kamp pengungsi kota.

    “Sekitar sepertiga dari semua warga Palestina yang tewas di Tepi Barat sejak awal tahun berasal dari Jenin,” kata Walid al-Omary, koresponden Al Jazeera.

    “Ini menunjukkan bahwa (tentara Israel) memusatkan operasi mereka di daerah Jenin. Jelas bahwa ada keputusan untuk melanjutkan operasi ini pada waktu fajar dan pagi hari, yang telah berlangsung selama tiga bulan terakhir,” kata dia.

    Lebih dari 60 orang Palestina telah tewas di Tepi Barat yang diduduki oleh pasukan Israel tahun ini. Sementara, di pihak Israel 19 orang telah tewas dalam serangan oleh orang-orang Palestina sejak Maret.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img