spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Bupati Luwu Sulsel Berguru Pengolahan Sampah Ke Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Luwu Provinsi Sulawesi Selatan Basmin Mattayang Bank Sampah Ciamis dalam rangkaian studi banding ke pemerintahan Kabupaten Ciamis, Selasa (28/6/2022).

    Kedatangan rombongan pemerintah Kabupaten luwu sebagai program studi banding. Mengingat Ingat, Luwi merupakan daerah otonomi baru yang telah berdiri 10 tahun.

    Basmin mengatakan, Ciamis memiliki kemajuan yang luar biasa, diantaranya melalui Bank Sampah. Ini menjadi bahan untuk diaplikasikan di wilayah Luwu.

    BACA JUGA: Cegah PMK, Ciamis Targetkan Vaksin 380 Hewan Ternak per Hari

    “Melalui studi banding ini, kami mengemban amanah rakyat untuk membangun wilayah kami agar dapat lebih maju. Tentunya dengan mengoptimalkan potensi-potensi kewilayahan kami,” kata Basmin.

    Basmin mengungkapkan, dengan berbagai kekurangan sebagai daerah otonomi baru. Ciamis menjadi referensi dengan segala inovasi programnya yang bisa diaplikasikan di wilayah Luwu.

    “Ini menjadi tantangan bagi kami untuk mengembangkan wilayah kami. Kita masih terkendala Sumber Daya Manusia (SDM), yang harus terus dioptimalkan. Karena sumber daya alam di wilayah kami sangat berlimpah, tinggal bagaimana kita mengoptimalkannya,” ucapnya.

    Basmin menyebut, potensi di wilayah Luwu saat ini didominasi oleh pertanian, yang perlu terus dikembangkan dengan inovasi dari pemerintah.

    Agenda pemerintah Kabupaten Luwu ke Ciamis mengunjungi tiga tempat, yakni pusat pemerintahan Kabupaten Ciamis, Bank Sampah kemudian ke wilayah Kecamatan Panjalu.

    Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis Taufik Gumelar mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan dari pemerintah Luwu.

    BACA JUGA: Beli Minyak Goreng Via PeduliLindungi, Begini Caranya

    “Alhamdulilah program kita melalui Bank Sampai dapat diapresiasi oleh pemerintah lain. Melalui program Bank sampah memang dampaknya sangat luas. Baik dari segi pengolahan limbah hingga manfaat ekonomi yang didapat hingga menyentuh wilayah-wilayah pelosok Ciamis,” kata Taufik.

    Taufik berharap, silaturahmi yang terjalin dapat berbuah hasil yang positif. Baik untuk pemerintah dapat lebih berinovasi dan lebih mengembankan potensi. Juga untuk pemerintah Luwu dapat melahirkan inovasi-inovasi terbaik untuk kemajuan wilayahnya.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img