spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Untuk Desa Tanjungkarang DPRD Minta Inspektorat Bergerak Cepat

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Menanggapi aduan dan sejumlah tuntutan warga Desa Tanjungkarang Kecamatan Cigalontang yang terhimpun dalam Geraka Masyarakat Peduli Tanjungkarang (Gempita), Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Apip Ifan Permadi meminta Inspektorat bergerak cepat menindaklanjuti seluruh tuntutan tersebut.

    “Kami meminta pihak inspektorat segera bergerak untuk menjawab apa yang menjadi keinginan masyarakat Tanjungkarang. Sesuai tugas dan fungsi kami akan lakukan pengawasan,” kata Apip, seusai audiensi di ruang rapat paripurna DPRD, Rabu (25/5/2022).

    BACA JUGA: Kades Tanjungkarang Arogan? GEMPITA Datangi DPRD

    Apip menegaskan, sebagai unsur pimpinan, dirinya akan menugaskan Komisi I DPRD untuk melakukan pengecekan (cross-check) langsung ke lapangan di Desa Tanjungkarang.

    “Dari informasi awal ini harus dikonfirmasi untuk mengungkap peristiwa yang sebenarnya. Kewenangannya hanya disitu saja. Di luar itu bukan lagi kewenangan DPRD,” ujar Apip.

    Sementara itu, Irban I Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya, Azis Priadi mengatakan, pada prinsipnya setiap pelaksanaan pembangunan itu harus mengacu kepada perencanaan yang telah disepakati bersama, termasuk juga seharusnya di Desa Tanjungkarang.

    Sehingga tambah dia, jika apa yang disampaikan oleh Gempita benar adanya, maka Kades Tanjungkarang telah menyalahi aturan.

    “Maka untuk membuktikannya harus ada audit,” kata Aziz.

    BACA JUGA: IKN Rawan Serangan Udara, Panglima TNI Janji Maksimalkan Alutsista

    Dia menegaskan, untuk proses audit di lokasi, dibutuhkan dasar acuan berbentuk surat permohonan resmi. Disamping itu juga ada pendukung bukti-bukti awal telah terjadinya pelanggaran sebagaimana diutarakan warga Desa Tanjungkarang.

    “Kami akan segera bergerak jika semua tadi sudah lengkap. Untuk jadwal auditnya, tentu kita akan sesuaikan dengan agenda-agenda yang ada yang telah ditetapkan sebelumnya,” ujar Aziz.

    (Farhan) 

    Berita Terbaru

    spot_img