spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Obor PeSONas I Singgah di Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kirab obor Pekan Special Olympic National (PeSONas) 2022 tiba di Kota Bandung, Selasa (24/5/2022) siang WIB. Obor singgah di komplek SPOrT Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda Kota Bandung sebelum diberangkatkan ke Jakarta.

    Sekretaris Umum Spesial Olympic Indonesia (SOIna) Jawa Barat, Nandang Saptari mengatakan, obor yang menandakan dimulainya gelaran PeSOnas I sebelumnya direncanakan tiba di Kota Bandung pada 22 Juni 2022. Lalu dilanjutkan ke DI Yogyakarta dan tiba di Semarang sebagai lokasi pelaksanaan PeSONas I pada 3-8 Juli 2022 mendatang.

    “Namun ternyata urutan kota/kabupaten yang disinggahi obor PeSONas I ini diubah sehingga tiba di Kota Bandung lebih awal,” kata Nandang saat ditemui usai penyalaan api obor PeSONas I di stadion sepakbola SPOrT Jabar Arcamanik, Selasa (24/5/2022).

    Dengan kondisi yang mendadak, lanjut Nandang, obor pun hanya singgah di Kota Bandung beberapa jam saja. Obor pun selanjutnya diberangkatkan ke Jakarta dan rencananya akan diinapkan selama satu pekan di ibukota negara itu.

    “Kalau rencana sebelumnya, obor akan diinapkan di Kota Bandung sekitar 4 sampai 6 hari. Namun karena perubahan jadwalnya mendadak, kita hanya menjadi salah satu kota yang disinggahi dan tidak menginapkan obor disini,” Nandang menerangkan.

    fokusjabar.id pesonas I obor
    Obor PeSONas I tiba di stadion SPOrT Jabar, Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Selasa (24/5/2022). (FOTO: Istimewa)

    BACA JUGA: Indonesia Sambo 2022 Seri Kedua Digelar di Kota Bandung

    Obor sendiri dibawa langsung oleh pihak panitia PeSONas I dan diserahkan kepada perwakilan di Provinsi Jawa Barat. Obor sendiri diterima langsung oleh Sekretaris Dnas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar, Andri Heriyanto.

    “Lalu api dari obor dipakai untuk menyalakan kaldron api yang sudah kita siapkan di stadion SPOrT Jabar Arcamanik. Penyalaan api dilakukan oleh atlet sepakbola SOIna Jabar asal Kabupaten Garut, Nabil Dhiya Ulhaq,” kata dia.

    Seperti diketahui, obor penanda PeSONas I/2022 diarak mengelilingi 42 kota dan kabupaten di Jawa. Api dari obor menggunakan api dari Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

    Kirab Obor dan Pesan Perdamaian ini dimulai dari Lapangan Lumbini Candi Boroobudur, Kabupaten Magelang pada 16 April 2022. Setelah obor diarak ke 42 kota/kabupaten di Jawa, terakhir akan tiba di Semarang dan dinyalakan di kaldron api pada pembukaan PeSONas I/2022.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img