spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Prajurit TNI AL Sabet 6 Medali Emas di Sea Games Vietnam

    VIETNAM,FOKUSJabar.id: Empat prajurit TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menyumbangkan enam medali emas dari cabang olahraga dayung atau rowing dalam ajang Sea Games 2021 di Vietnam.

    Keempat prajurit TNI AL tersebut yakni Kopral Dua Marinir Jefri Ardianto, Sersan Satu Mahendra Yanto, Sersan Dua Jas Ardi Isadi dan Sersan Dua Memo.

    Dalam kejuaraan yang digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Centre, Vietnam itu, Jefri Adrianto berhasil mempersembahkan satu medali emas pada nomor lomba Men’s Lightweight Pair (LM-2).

    Sedangkan, Mahendra Yanto mempersembahkan satu medali emas pada nomor Lightweight Man’s Four.

    BACA JUGA: Pesenam Rifda Irfanaluthfi Raih Medali Emas di SEA Games Vietnam

    “Hasil lebih fantastis berhasil diperoleh Ardi Isadi dan Memo. Mereka masing-masing menyumbangkan dua medali emas pada kejuaraan tersebut,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Julius Widjojono pada 20 Mei 2022.

    Julius mengatakan, Ardi berhasil memenangkan lomba di nomor Lightweight Man’s Double Sculls dan Lightweight Man’s Quadruple Sculls.

    Sedangkan, Memo berhasil menang di nomor lomba Man’s Double Sculls dan Men’s Quadruple Sculls.

    “Pada pertandingan yang digelar pada 14 Mei 2022 lalu, tim dayung Indonesia total berhasil mengumpulkan 8 emas dan 6 perak dari 16 medali yang diperebutkan. Dengan itu, Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum Dayung Rowing sejak Sea Games 2013,” kata dia.

    Dia menyebut, empat prajurit TNI AL itu bisa berprestasi hingga di ajang Sea Games, lantaran didukung penuh oleh Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudo Margono.

    Persiapannya pun, kata dia, memakan waktu beberapa bulan sebelum turun di Sea Games.

    “Betul, jadi memang diberikan dispenasi (dari tugas) untuk berlatih. Mereka berlatih intens selama beberapa bulan sebelum Sea Games,” kata Julius, seperti dilansir IDN.

    Julius menjelaskan prestasi hebat yang ditorehkan prajurit TNI AL, bukan kali pertama. Sebelum turun di Sea Games, mereka juga ikut ajang Ghent International Spring Rowing Regatta 2022 di Belgia. Turnamen itu digelar pada 9 April 2022 – 10 April 2022 dan diikuti tim dayung dai beberapa negara Asia dan Erop.

    “Di ajang itu, Sertu Mahendra Yanto berhasil meraih dua medali emas di nomor tanding rowing pendayung 4 orang dengan jarak 2000 meter. Sedangkan, Serda Jas Memo di nomor tanding rowing jarak 2000 meter berhasil meraih satu medali emas di pendayung empat orang,” ujar Julius.

    Serda Jas Memo juga berhasil memboyong satu medali perak untuk nomor pendayung dua orang. Sementara itu, Serda Jas Ardi Isadi berhasil meraih satu medali emas di nomor pendayung dua orang. Ia juga berhasil menyumbang satu medali perak di nomor pendayung empat orang.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img