Polisi Datangi UPTD Balai Peternakan Sapi Jabar

0
34
UPTD Balai Peternakan
Kapolsek Cijeungjing AKP. Alan Dahalan saat memantau Peternakan sapi. (Foto: Husen)

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Anggota Polsek Cijeungjing Ciamis datangi peternakan sapi UPTD Balai Peternakan Sapi Provinsi Jawa Barat yang berada di Desa Cijeungjing Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Sabtu (14/5/2022).

Kedatangannya tersebut untuk memastikan jika sapi yang berada di peternakan sehat menyusul dengan adanya penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak. 

“Kami didampingi oleh dokter hewan memeriksa sejumlah hewan ternak yang ada di UPTD Balai Peternakan Sapi Provinsi Jawa Barat untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak,” kata Kapolsek Cijeungjing AKP. Alan Dahalan.

BACA JUGA: PMK Serang Hewan Ternak di Kota Banjar

Alan menuturkan, pengecekan kesehatan ternak Sapi tersebut untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan wabah PMK agar tidak meluas.

“Dari ratusan sapi yang diperiksa tidak ada satu ekorpun yang terindikasi terjangkit PMK,” ucapnya.

Menurutnya, selain melakukannya pengecekan kesehatan terhadap ternak Sapi bersama dokter hewan pihaknya melakukan edukasi kepada para peternak yang ada di wilayahnya.

” Kami juga mengerahkan anggota Bhabinkamtibmas untuk memberikan edukasi kepada para peternakan dengan menyampaikan ciri-ciri sapi yang tidak sehat agar cepat tertanggulangi,” kata dia.

BACA JUGA: Waspada PMK, DKPP Kota Bandung Periksa Hewan Ternak

Alan menambahkan, berdasarkan dari informasi pihak Balai ternak sapi yang terindikasi penyakit mulut dan kuku berasal dari provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah yang diperjual belikan di pasar hewan Manonjaya.

“Untuk antisipasi PMK  Balai menyarankan untuk sementara sampai aman tidak ada keluar masuk ternak Sapi dan kami siap mendukungnya,” kata dia.

(Husen Maharaja/Anthika Asmara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini