Thomas Cup 2022; Ginting Bangkit, Indonesia Lolos ke Semifinal

0
108
fokusjabar.id Thomas Cup 2022
Anthony Sinisuka Ginting melakukan selebrasi usai mengalahkan Zhao Jun Peng dengan skor 21-12, 25-27, 21-17. Kemenangan atas Jun Peng tersebut, menjadi kemenangan perdana Ginting di turnamen Thomas Cup 2022. (FOTO: WEB)

THAILAND,FOKUSJabar.id: Tim bulutangkis putra Indonesia menyegel satu tempat di babak semifinal Thomas Cup 2022 usai mengalahkan China 3-0 pada laga perempatfinal di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (12/5/2022) malam WIB. Kemenangan atas China tersebut pun diwarnai dengan kebangkitan Anthony Sinisuka Ginting di gelaran Thomas Cup 2022.

Pebulutangkis asal Cimahi yang menempati ranking 5 BWF ini kembali tampil di partai perdana menghadapi tunggal putra pertama China, Zhao Jun Peng. Di tiga laga tim Thomas Cup Indonesia sebelumnya, Ginting kerap gagal menyumbangkan poin.

Menghadapi Jun Peng yang menempati ranking 38 BWF, Ginting tampil agresif di set pertama. Hanya membutuhkan waktu 17 menit, Ginting menyudahi laga di set pertama dengan kemenangan telak 21-12.

Di set kedua, Jun Peng mencoba bangkit. Alhasil, laga berlangsung ketat dan kejar mengejar poin kerap terjadi.

Ginting yang sempat unggul, justru banyak melakukan kesalahan sendiri dan memberikan poin gratis bagi Jun Peng. Laga pun berlanjut hingga beberapa kali deuce dan akhirnya set kedua direbut Jun Peng dengan skor 27-25.

Pada set ketiga, Ginting mencoba kembali bermain agresif dan menekan Ju Peng. Hal tersebut cukup berhasil sehingga poin demi poin diraih Ginting.

Akhirnya, partai perdana laga perempatfinal Thomas Cup 2022 Indonesia kontra China tersebut diraih Ginting dengan skor 2-1 dalam waktu satu jam 20 menit. Kemenangan ini pun menjadi kemenangan perdana Ginting pada gelaran turnamen bulutangkis beregu BWF tahun 2022 ini.

BACA JUGA: Ketua PBSI Jabar Yakin Ginting Bangkit, Indonesia Juara Thomas Cup 2022

fokusjabar.id Thomas Cup 2022
Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo tampil perdana sebagai pasangan ganda putra Indonesia saat menghadapi Korea Selatan di laga terakhir babak penyisihan Grup A Thomas Cup 2022. Pada penampilan keduanya sebagai ganda putra kedua Indonesia di babak perempatfinal kontra China, Ahsan/Kevin berhasil menang dua set langsung 21-17 dan 21-16 atas pasangan ganda putra China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. (FOTO: PBSI)

Pada partai kedua, pasangan ganda putra baru Indonesia, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi andalan Indonesia. Ahsan/Kevin ditantang ganda putra China, Liu Yu Chen/Ou Xuan.

Penampilan Ahsan/Kevin saat menghadapi Liu Yu Chen/Ou Xuan menjadi yang kedua sebagai pasangan ganda putra di turnamen BWF ini. Meski belum terlihat terlalu padu, namun Ahmas/Kevin masih mampu mengatasi perlawanan Liu Yu Chen/Ou Xuan yang juga merupakan pasangan ganda putra baru China.

Di set pertama, Ahsan Kevin berhasil menang 21-17 dan memastikan tambahan poin bagi Indonesia usai kembali menang 21-16 di set kedua. Alhasil, Indonesia pun unggul sementara 2-0 atas China.

Jonathan Christie kembali menjadi andalan Indonesia di partai ketiga kontra China setelah diistirahatkan pada laga kontra Korea Selatan, Rabu (11/5/2022). Tunggal kedua China yang menempati ranking 50 BWF, Li Shi Feng menjadi lawan tunggal putra Indonesia peringkat 8 BWF, Jonathan ‘Jojo’ Christie.

Tampil percaya diri, Jojo mampu mendikte permainan Shi Feng di set pertama. Jojo pun unggul mudah dengan skor 21-13. Permainan yang konsisten diperlihatkan Jojo di set kedua. Terus unggul hingga poin 15, Shi Feng mencoba bangkit dan mengejar ketertinggalan poin hingga mampu menyamakan kedudukan 17-17.

Jojo berhasil bangkit dan kembali mendikte permainan Shi Feng dan mengunci perolehan angkanya di 18. Jojo pun memenangkan laga dengan skor 21-18 sekaligus memastikan kemenangan Indonesia atas China dengan skor 3-0 dan melaju ke babak semifinal Thomas Cup 2022.

fokusjabar.id Thomas Cup 2022
Jonathan Christie melakukan selebrasi usai menang dua set langsung 21-13 dan 21-18 atas tunggal kedua China, Li Shi Feng. Jojo memastikan Indonesia menang 3-0 atas China dan melaju ke babak semifinal Thomas Cup 2022. (FOTO: WEB)

Dengan keunggulan 3-0, dua partai sisa yakni ganda putra dan tunggal putra pun tidak dipertandingkan. Yakni pertandingan antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kontra Ren Xiang Yu/Tan Qiang dan Shesar Hiren Rhustavito versus Weng Hong Yang.

Di babak semifinal, Indonesia akan menghadapi Jepang yang mengalahkan China Taipei dengan skor 3-2 di babak perempatfinal Thomas Cup 2022. Dua tempat lain, saat ini, masih diperebutkan oleh Korea Selatan yang berhadapan dengan Denmark serta India yang melawan Malaysia.

Sementara di kelompok putri, langkah Indonesia harus terhenti di babak perempatfinal Uber Cup 2022 usai dikalahkan China dengan skor 3-0. Selain China, tiga tim lain yang memastikan tempat di babak semifinal Uber Cup 2022 yakni Korea Selatan yang mengalahkan Denmark 3-0, Thailand yang menghentikan langkah India 3-0, serta Jepang yang mengalahkan China Taipei dengan skor 3-0.

Hasil Babak Perempatfinal Thomas Cup 2022 Indonesia vs China

Tunggal Putra 1: Anthony Sinisuka Ginting vs Zhao Jun Peng (21-12, 25-27, 21-17)
Ganda Putra 1: Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (21-17, 21-16)
Tunggal Putra 2: Jonatan Christie vs Li Shi Feng (21-13, 21-18)
Ganda Putra 2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (Tidak Dipertandingkan)
Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang (Tidak Dipertandingkan)

(Ageng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini