Target Cipta Lapangan Kerja Kabupaten Ciamis Capai 60 Persen

0
61
lapangan kerja
Sekretaris Disnaker Ciamis Dase Fadlil Yusdi Mubarak

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis mencatat 6109 tenaga kerja asli Ciamis dari 10 ribu target lapangan pekerjaan bagi warga asli Ciamis. Hal itu menunjukkan bahwa misi Bupati Ciamis Herdiat membuka 10 ribu lapangan kerja sudah 60 persen tercapai.

Sekretaris Disnaker Ciamis Fadlil Yusdi Mubarak mengatakan bahwa pihaknya masih terus mendata, dan akan terus di-update. “Jumlah itu terhitung sejak tahun 2019 hingga 2021 dan akan terus diperbaharui,” kata Fadlil, Selasa (10/5/2022).

BACA JUGA: Disnaker Kota Bandung Sampaikan Aspirasi Buruh

Jika mengaku pada jumlah pembuat Kartu Kuning (AK1), kata dia, jumlahnya mencapai 30 ribu orang lebih. Namun dari jumlah tersebut tidak semua pembuat AK1 kembali melapor ke Disnaker saat diterima kerja. Sehingga masih banyak para pekerja yang belum terdaftar oleh pihak Disnaker.

“Terkait pendataan, pada setiap kartu AK1 kita sudah memberi imbauan agar segera melapor saat sudah menerima pekerjaan. Tapi kebanyakan lupa atau tidak membaca imbauan dari kami di kartu AK1 itu,” kata dia.

Saat ini pihaknya sedang merancang pola agar pendataan pekerja lebih update. Sehingga setiap masyarakat yang sudah membuat AK1 di Ciamis dan sudah diterima kerja bisa langsung didata.

Tidak hanya itu, untuk menjangkau masyarakat Ciamis, pihaknya tengah merancang pola sosialiasi dan pelayanan jemput bola menggunakan kendaraan khusus yang mobile ke wilayah-wilayah pedesaan. Dengan begitu informasi dan pelayanan lebih dekat.

“Kita sebenarnya telah mengonsep unit pelayanan jemput bola melalui kendaran khusus untuk lebih dekat kepada masyarakat. Selain itu, pelayanan pembuatan AK1 dapat lebih dekat,” kata Fadlil.

(Riza M Irfansyah/LIN )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini