spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Volume Kendaraan Menuju Pangandaran Meningkat, Bupati: Ini Terkesan ‘Balas Dendam’

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Kunjungan wisatawan ke obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran Jawa Barat (Jabar) meningkat pada musim libur Hari Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah.

    Terpantau FOKUSJabar, meningkatnya kunjungan wisata ke Pangandaran sejak Hari H Lebaran, Senin (2/5/2022). 

    Para wisatawan dari berbagai daerah tersebut mengunjungi destinasi wisata Pantai Pangandaran, Batukaras, Batu Hiu dan objek wisata lainnya. 

    BACA JUGA: H+1 Lebaran, Ribuan Kendaraan Serbu Kawasan Wisata Lembang

    Tak heran jika arus lalu lintas tidak kunjung terurai meski Bupati Jeje Wiradinata dan Kapolres Pangandaran, AKBP Hidayat turun tangan mengatur lalu lintas.

    pangandaran fokusjabar.id
    Suasana di objek wisata Pantai Batukaras (foto Budiana)

    Menurut Jeje, kemacetan terjadi karena banyaknya wisatawan yang berkunjung untuk mengisi liburan sekaligus menikmati objek wisata yang ada di daerahnya.

    Dia menyebut, tingginya jumlah wisatawan karena sudah dua tahun mereka tidak liburan karena pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

    “Antusias masyarakat sangat tinggi. Mungkin ini dampak dari dua tahun mereka tidak liburan. Jadi terkesan balas dendam,” katanya. 

    Terkait hal itu, pihaknya akan melakukan rapat evaluasi untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di kawasan objek wisata. 

    “Kami akan berlakukan sistem buka tutup dan akan dibuka kembali setelah lokasi objek wisata landai kembali,” kata dia.

    Sementara Kapolres Banjar, AKBP Ardyaningsih mengatakan, sejak Hari H Lebaran volume kendaraan yang menuju ke arah Pangandaran terus mengalami peningkatan. Bahkan peningkatan tersebut lebih tinggi dibanding dengan arus mudik lebaran 2021 kemarin.

    BACA JUGA: Polres Banjar Amankan Ratusan Liter Tuak

    Ardy memprediksi peningkatan volume kendaraan akan lebih tinggi pada Minggu (8/5/2022) mendatang.

    pangandaran fokusjabar.id
    Petugas tengah mengatur arus lalu lintas (foto Budiana)

    “Arus lalu lintas menuju Pangandaran terus meningkat. Diperkirakan akan lebih tinggi pada Sabtu dan Minggu,” ungkapnya. 

    Kapolres menyebut, Dia dan jajarannya telah mengatur skema lalu lintas di beberapa titik yang ada di Banjar agar tidak terjadi kemacetan.

    “Rekayasa lalu lintas yang sudah dilakukan adalah mengarahkan kendaraan ke titik-titik yang dapat mengurangi kemacetan. Salah satunya, untuk arah Pangandaran diarahkan ke Cimaragas,” ujarnya.

    Pihaknya mengimbau, para pengendara atau masyarakat agar berhati-hati saat melakukan perjalanan. Baik saat mudik maupun saat liburan.

    “Kami imbau berhati-hati. Patuhi rambu-rambu llau lintas. Pastikan saat mengemudi, kondisi tubuh harus fit dan sehat,” pungkasnya.

    (Budiana Martin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img