spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Siap Gelar Porprov Jabar XIV, Ini Syaratnya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung menjadi lokasi pertandingan beberapa cabang olahraga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV yang akan digelar pada November 2022. Hal ini seiring dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat Nomor 426/Kep.133-Dispora/2022 terkait Penunjukkan Daerah Kabupaten/Kota Sebagai Penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022.

    Perubahan lokasi pertandingan cabang olahraga Porprov Jabar XIV tersebut, seiring dengan mundurnya beberapa kota/kabupaten yang sebelumnya sudah ditetapkan melalui SK Gubernur Jawa Barat Nomor 426/Kep.785-Yanbangsos/2019. Namun dalam SK terbaru, tidak disebutkan nama Kota Bandung sebagai lokasi penyelenggara hanya nama KONI Provinsi Jabar.

    Setidaknya ada enam cabang olahraga yang digelar dengan penyelenggara KONI Jabar yakni baseball, softball, panahan, bulutangkis, tarung derajat, dan tenis lapang. Lokasi pertandingan bagi keenam cabang olahraga tersebut pun rencananya di Kota Bandung.

    “Sebagai penyangga ibukota, Kota Bandung harus siap jika diminta untuk kelancaran penyelenggaraan Porprov Jabar XIV. Sehingga kami KONI Kota Bandung harus siap ketika ada penunjukkan dari pemprov atau KONI Jabar,” kata Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi saat ditemui di sekretariat KONI Kota Bandung, Jalan Jakarta Kota Bandung, Rabu (27/4/2022).

    Kesiapan tersebut, kata Nuryadi, karena Kota Bandung merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembinaan olahraga prestasi. Apa yang dilakukan KONI Kota Bandung dalam hal pembinaan olahraga prestasi tidak hanya untuk kepentingan Kota Bandung, tapi juga bagi Jabar dan Indonesia.

    “Sehingga saat ada kekurangsiapan dari wilayah yang sudah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan Porprov Jabar XIV maka suka tidak suka, siap tidak siap, Kota Bandung harus siap,” Nuryadi menambahkan.

    Selain itu, Kota Bandung pun sudah memiliki beberapa sarana dan prasarana olahraga yang memadai. Bahkan beberapa sarana olahraga yang ada sudah masuk dalam standar nasional bahkan internasional sehingga sangat layak sebagai tempat pertandingan Porprov Jabar XIV.

    “Tinggal nanti bagaimana kita menyiapkan sarana pendukungnya,” kata dia.

    BACA JUGA: SK Porprov XIV Jabar Terbit, Ini Sikap KONI Kota Bandung

    Namun untuk melakukan persiapan-persiapan, Nuryadi mengingatkan jika sisi legal formal dalam bentuk SK atau surat tugas dari pemprov Jabar harus dikantongi. Berbekal legal formal tersebut, pihaknya bisa bergerak melakukan berbagai persiapan termasuk meminta dukungan dari pemerintah dan DPRD Kota Bandung.

    “Jadi intinya ada legal formal yang mendasarinya, sehingga kami pun ada pijakan untuk bergerak. Di SK yang terbaru itu bukan Kota Bandung yang ditulis sebagai tempat penyelenggara tapi KONI Provinsi Jawa Barat, meski lokasinya di Kota Bandung,” Nuryadi menerangkan.

    Untuk itu, pihaknya berharap ada revisi SK terkait tempat pertandingan tersebut. Dimana Kota Bandung disebutkan sebagai salah satu tempat penyelenggara pertandingan cabang olahraga di ajang Porprov Jabar XIV tahun 2022.

    “Sebelumnya, kami pun sudah mengajukan kesiapan sebagai lokasi penyelenggara pertandingan. Tapi saat SK keluar, tidak ada nama Kota Bandung sebagai tempat penyelenggara meski sebenarnya digelar di Kota Bandung. Idealnya kan Kota Bandung yang dituliskan di SK tersebut. Jadi kami menunggu revisi SK saja, sebagai pijakan kami bergerak,” Nuryadi menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img