spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    SK Porprov XIV Jabar Terbit, Ini Sikap KONI Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: KONI Kota Bandung mengapresiasi turunnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat Nomor 426/Kep.133-Dispora/2022 terkait Penunjukkan Daerah Kabupaten/Kota Sebagai Penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2022. Pada SK yang ditandatangani Gubernur Jabar, Mochamad Ridwan Kamil tertanggal 25 Maret 2022, pelaksanaan Porprov XIV Jabar ditetapkan pada bulan November 2022.

    “Kita bersyukur SK Gubernur yang kita tunggu selama berbulan-bulan ini terbit. SK ini turun atas usulan KONI Jabar sebagai rekomendasi hasil RAT pada Desember 2021 dimana forum menyepakati jika Porprov XIV Jabar digelar pada November 2022 untuk mengganti SK lama yang digelar Juli 2022,” kata Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi saat ditemui di SOR Lodaya, Jalan Lodaya Kota Bandung, Minggu (24/4/2022).

    Nuryadi mengatakan, keluarnya SK tersebut patut diapresiasi semua pihak. Dengan keluarnya SK, teka-teki pelaksanaan Porprov XIV Jabar terjawab dan semua daerah harus sudah mulai mempersiapkan diri.

    “Saya kira, teman-teman di induk cabang olahraga pun sudah tahu persis apa yang harus dilakukan dan memang persiapan sudah kita lakukan. Saya imbau semua jajaran di lingkungan KONI Kota Bandung, baik cabor, badan fungsional, termasuk internal KONI Kota Bandung, untuk bahu membahu menyukseskan Porprov XIV Jabar tahun 2022,” kata dia.

    BACA JUGA: Ada Promo Menarik dan Merchant di Bandung Sneaker Season 3.0 Pakai DIGI/DigiCash bjb

    Sementara terkait penafsiran yang berbeda-beda terkait waktu pelaksanaan, Nuryadi menyebut jika hal tersebut merupakan hal yang lumrah dalam sebuah SK. Seperti diketahui, terdapat dua poin yang rancu terkait pelaksanaan Porprov XIV Jabar tahun 2022 dalam SK tersebut.

    Yakni di poin ketujuh yang menyebutkan jika penyelenggaraan Porprov XIV Jabar dilaksanakan pada bulan November 2022 dengan memperhatikan kondisi pandemi Covid-19 serta kemampuan keuangan Daerah Provinsi Jabar. Lalu poin kedelapan menyebut, dalam hal kondisi pandemi Covid-19 dan kemampuan keuangan daerah menyebabkan penyelenggaraan Porprov XIV Jabar tahun 2022 tidak dapat dilaksanakan dan diselenggarakan pada tahun 2023.

    “Dalam sebuah SK itu hal biasa jika ada pasal lanjutan dibawahnya, itu merupakan sebuah alternatif. Taapi di poin sebelumnya yakni poin ketujuh kan sudah sangat jelas jika Porprov XIV Jabar digelar di bulan November 2022 meski ada embel-embel pandemi atau masalah keuangan. Itu seharusnya wacana yang tidak mesti digulirkan tapi disikapi jika semua pihak sudah sepakat Porprov XIV Jabar digelar November 2022,” Nuryadi menegaskan.

    Dengan keterbatasan waktu, Nuryadi meminta kota dan kabupaten untuk bersama-sama melakukan persiapan menyambut pelaksanaan Porprov XIV Jabar karena meyoritas sudah mendapatkan kucuran dana hibah dari pemerintah masing-masing. Daripada memepermasalahkan terkait perbedaan tafsir dalam SK yang ditandatangani Gubernur Jabar, Ridwan Kamil tersebut.

    “Lebih baik kita menyikapi perbedaan tafsir itu dengan positif, toh pelaksanaan di bulan November 2022 pun sudah keinginan semua pihak saat RAT KONI Jabar 2021 lalu,” Nuryadi menambahkan.

    Terkait kesiapan anggaran, Nuryadi mengaku jika KONI Kota Bandung pun mengalami sedikit kesulitan. Pasalnya, kebutuhan dana yang diusulkan KONI Kota Bandung kepada Pemerintah Kota Bandung dianggarkan untuk persiapan hingga Juli 2022.

    “Dengan pengunduran ke November 2022, sudah pasti ada kekurangan anggaran. Untuk itu kami sedang menggodok terkait jumlah atlet, cabang olahraga, hingga lokasi pertandingan yang tersebar di beberapa wilayah sehingga bisa mengajukan kembali tambahan kepada pihak eksekutif dan legislatif di Kota Bandung,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img