spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Sekretaris DPC Demokrat Ciamis Minta Bawaslu Lebih Cermat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis Datangi Kantor DPC Partai Demokrat Ciamis, memberikan sosialisasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu dan Pemilihan 2024, Jumat (9/4/2022). 

    Ketua Bawaslu Ciamis Uce Kurniawan mengatakan, bahwa selain melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran Bawaslu juga memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa proses pemilu dan pemilihan kepala daerah.

    “Sengketa proses pemilu dan pemilihan ini kan intinya mencari titik temu, jika peserta pemilu merasa tidak bersalah atau tidak puas dengan suatu keputusan KPU dalam hal ini, maka silahkan datang ke Bawaslu untuk mengajukan permohonan penyelesaian sengketa,” kata Uce dalam rilis yang diterima, Sabtu (9/4/2022).

    BACA JUGA: Kader Demokrat Ciamis Dituntut Cerdas Berpolitik

    Ketua DPC Demokrat Ciamis Sopwan Ismail, Sopwan menyambut baik agenda ini sebagai modal pengetahuan penting mengarungi kontestasi 2024.

    “Kami menyambut baik agenda ini, ini modal penting untuk para peserta Pemilu, kami berharap tidak hanya soal menindak pelanggaran atau sengketa, tapi juga Bawaslu diharapkan membuat sebuah early warning system mencegah terjadinya pelanggaran,” Sopwan yang juga Wakil Ketua DPRD Ciamis.

    Sementara itu dalam sesi tanya jawab sosialisasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu dan Pemilihan ini Sekretaris DPC Demokrat Ciamis Anjar Asmara memaparkan, terkait temuan dugaan pelanggaran yang terjadi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu. 

    Dia mengatakan, bahwa ada kecurangan yang sering terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang luput dari pengawasannya dari petugas Bawaslu. 

    “Salah satu yang luput dari pengawasan, misal yang mencoblos partai tetapi suaranya dilimpahkan kepada calon nomor sekian misal, itu kan kami dirugikan meskipun oleh rekan kontestan satu partai, atau memang di lapangan petugas ada yang mengantuk sehingga dari tim kami ada yang menemukan hasil koreksi ditimpa tipex dari hasil hitung suara,” kata Anjar Asmara yang juga akrab dipanggil AA. 

    Dengan demikian Anjar meminta, Bawaslu lebih ketat dan cermat dalam penghitungan suara yang ada di TPS. Pasalnya kata dia hal masalah ini sangat krusial dan sangat merugikan calon legislatif (Caleg).

    Kendati demikian Anjar  mengapresiasi kinerja Bawaslu Ciamis yang menyandang bawaslu kinerja terbaik se Indonesia agar terus dipertahankan sehingga terus gelar itu bisa disandang.

    “Namun saya menegaskan agar masalah yang terjadi di Pileg sebelumnya tidak terjadi di Pileg 2024,” kata dia.

    BACA JUGA: Partai Demokrat Ciamis Bantu Pemerintah Kejar Target Vaksinasi

    Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Ciamis Fahmi Fajar Mustopa menambahkan, Partai Politik dan Penyelenggara Pemilu ini kan memiliki tujuan yang sama, menciptakan demokrasi yang berkualitas. 

    “Sehingga mari tempuh saluran yang baik, yang memiliki kekuatan hukum, lalu sampaikan ketidakpuasan sesuai mekanisme,” kata dia.

    Berita Terbaru

    spot_img