spot_img
Minggu 3 Juli 2022
spot_img
More

    Ekonomi Indonesia Posisi ke 4 Dunia Tahun 2045

    YOGYAKARTA,FokusJabar.id: Ekonomi Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Diperkirakan pada tahun 2045 mendatang, ekonomi Indonesia akan menduduki posisi empat di dunia

    Pada tahun itu, Indonesia diperkirakan akan berada di bawah Tiongkok, Amerika Serikat, dan India. Namun, untuk posisi itu tentu tidak mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi Indonesia.

    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengajak para generasi muda percaya diri mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di level global. Dia menyebut ada tiga syarat yang harus dicapai Indonesia untuk bisa menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar keempat dunia. 

    BACA JUGA: Dukungan Ridwan Kamil Untuk Pilres 2024 Muncul Di Kaltim

    Syarat pertama adalah anak-anak Indonesia harus sehat, tidak stunting. Agar kelak ketika tumbuh dewasa, mereka bisa menjadi orang-orang yang kompetitif dan produktif. 

    Syarat yang kedua adalah pertumbuhan ekonomi harus stabil. Paling tidak ada di atas lima persen setiap tahunnya. 

    “Tetapi juga harus dapat menguasai tiga bidang ekonomi, yakni ekonomi hijau, ekonomi digital, dan ekonomi kreatif,” kata Ridwan Kamil dalam acara Talkshow Safari Iman Ramadhan (Safir) di Masjid Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa (5/4/2022) sore.

    Satu lagi syarat yang harus dipenuhi adalah, kondisi sosial politik yang kondusif. Ridwan Kamil kemudian memberikan contoh apa yang sekarang terjadi antara Ukraina dan Rusia. 

    Kedua negara itu dia sebut sedang dicabut nikmat kebebasan bernegaranya oleh Allah SWT. Sehingga yang terjadi adalah kehancuran di sana sini. Untuk itu, Ridwan Kamil mengajak agar hal serupa tidak terjadi di Indonesia.

    BACA JUGA: Terdakwa Penistaan Agama M Kece Divonis 10 Tahun Penjara

    Mantan Walikota Bandung ini menilai, para pemuda punya peran penting dalam menciptakan keamanan negara. Misalnya dalam hajat pesta demokrasi, jadikan Pemilu seperti pesta olahraga. 

    “Kalau sudah ditentukan pemenangnya, ya sudah, kita jumpa lima tahun lagi, tidak perlu ribut. Saya titip mahasiswa UII jangan ikut-ikutan ribut. Mahasiswa justru harus membawa air untuk memadamkan keributan,” ujarnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img