spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Gaza Mulai Berdiri, Warga Palestina: Terima Kasih Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pembangunan masjid Syaikh Ajilin di Gaza, Palestina yang dirancang dirancang Gubernur Jabar Ridwan Kamil kini sudah mencapai 80 persen.

    Warga Palestina pun terharu saat melihat bentuk masjid megah tiga lantai itu sejak dimulainya prosesi peletakan batu pertama dilakukan oleh Aman Palestin Indonesia bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (7/4/2021) lalu.

    Lewat video akun instagram warga Gaza sheraze_aliya_gaza, terlihat bahwa progres pembangunan masjid Syaikh Ajilin sudah memasuki tahap akhir.

    BACA JUGA: Hari Pers Nasional 2022, Plt. Wali Kota Bandung Berharap Insan Media Makin Profesional

    Kemajuan ini fisik membuat sheraze berterima kasih pada rakyat Indonesia yang sudah mewujudkan pembangunan masjid tersebut dan Ridwan Kamil yang merancangnya.

    “The work of the new Masjid is progressing well, its a gift from Indonesia to Gaza. The architect is the governor of Java @ridwankamil 🙏 shukran to Indonesia” tulisnya di akun instagram Rabu (9/2/2022).

    Sheraze Aliya Gaza sendiri adalah warga Gaza yang rajin mengabarkan berbagai peristiwa di Palestina lewat media sosial miliknya dan memiliki cukup banyak pengikut di Indonesia.

    Postingannya tentang masjid rancangan Ridwan Kamil langsung disukai lebih dari 5 ribu orang dan direspon oleh pengikut dari Indonesia.

    Keberadaan Masjid Syaikh Ajilin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza, setelah masjid sebelumnya hancur karena serangan tentara Israel pada 2014 lalu.

    Dirancang khusus Ridwan Kamil, desain masjid jatuh pada pilihan arsitektur masjid yang menggabungkan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam, usai diminta oleh pihak Aman Palestin Indonesia sejak menjabat Wali Kota Bandung.

    Biasa mendesain masjid, Ridwan Kamil mengaku penyusunan desain Syaikh Ajilin bukan hal mudah. Pihaknya juga berjuang dengan urusan emosional karena pembangunan masjid ini bisa menjadi sejarah baru bagi hubungan Indonesia-Palestina.

    Masjid tersebut dirancang dengan mengusung konsep keseimbangan hubungan seorang muslim antara dengan ilahi, manusia dan alam.

    Konsep itu direpresentasikan lewat tiga bangunan utama masjid yang didesain dengan gaya futuristik dan menyerupai bentuk bambu runcing.

    Dibangun megah di tepi pantai, masjid ini akan memiliki tiga lantai yang rencananya akan difungsikan juga untuk madrasah agar kembali menjadi pencetak ribuan penghapal Quran.

    Masjid Syaikh Ajilin sekaligus menjadi simbol merajut hubungan antara muslim Palestina dan Indonesia. Ridwan Kamil sendiri mengajak warga Indonesia untuk terus membantu pembiayaan proses pembangunan masjid tersebut.

    “Kalau masjid ini selesai, harapan warga Gaza bisa beribadah kembali dengan nyaman terwujud lewat pembangunan Masjid Syaikh Ajilin. Saya titip atas nama kemanusian dan ukhuwah islamiyah kita bantu sedekah infak langsung dan digital untuk menggenapkan kemulian seluruh pembangunan ini,” pungkasnya.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img