spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Maju Pilpres 2024, Ridwan Kamil Disebut Punya 3 Modal Elektoral

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) kerap muncul di papan atas survei Calon Presiden (Capres) tahun 2024 yang digelar oleh beberapa lembaga.

    Fakta yang membuat Ridwan Kamil dalam pernyataan sikapnya menyatakan, siap maju di Pilpres 2024 mendatang.

    Pengamat politik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Karim Suryadi, menilai keputusan Ridwan Kamil maju karena ada kans cukup kuat dalam kontestasi.

    BACA JUGA: Di Pasar Sederhana, Jokowi dan Ridwan Kamil Berikan BLT

    “Dalam survei capres yang digelar beberap lembaga, RK kerap masuk empat besar. Padahal RK masih fokus menjalankan tugas sebagai Gubernur Jabar. Inilah realitas politik yang sulit dihindari RK,” kata Karim, Kamis (20/1/2022).

    Dirinya mengatakan, ada tiga alasan mantan Walikota Bandung itu sulit mengelak dari realitas politik yang terjadi saat ini.

    Pertama, nama Emil yang selalu muncul di papan atas survei berjalan dengan sendirinya. Emil belum melakukan langkah-langkah khusus untuk mendongkrak popularitasnya.

    “RK boleh dibilang belum melakukan langkah khusus menuju pilpres tapi potensi elektoralnya cukup signifikan. Buktinya meski belum masang baliho capres tapi popularitasnya melampaui mereka yang sudah lama nongkrong di baliho,” kata dia.

    “Kedua, sebagai Gubernur Jabar, RK punya modal elektoral yang nyata. Lebih-lebihketerwakilan masyarakat Jabar di tingkat nasional menjadi keprihatinan masyarakat Jabar umumnya,” katanya.

    Selanjutnya, gubernur merupakan jabatan yang paling diterima publik menuju tangga capres. Karena apa yang menjadi tugasnya presiden juga menjadi tugasnya gubernur.

    “Diantara para pejabat, gubernur adalah jalan paling lazim dan mudah diterima menuju tangga capres. Ini karena apa yang diurus presiden juga nenjadi tugasnya gubernur. Jadi, dari sisi deposit politik, gubernur adalah bukti jaminan paling meyakinkan,” tambahnya.

    Di sisi lain, sebagai kendaraan bagi calon pemimpin negara, partai politik diminta untuk membuka ruang selebar-lebarnya dengan membuka sistem rekruitmen bagi siapa saja pemimpin yang mempunyai kapasitas dan kualitas.

    Masyarakat kata Prof Karim, hanya mengharapkan pemimpin yang mampu menangkap keinginan masyarakat yang diwujudkan dalam kebijakan. Pengalaman memimpin juga menjadi syarat mutlak bagi Capres yang akan kontes di Pilpres 2024.

    “Sederhana, yang bisa menangkap degup jantung warga dan newujudkannya ke dalam kebijakan. Pengalaman memgelola urusan publik dan komitmen pada demokrasi, kesejahteraan dan keadilan sosial tidak bisa ditawar,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Ridwan Kamil sudah menyatakan siap untuk maju dalam perhelatan Pilpres 2024. Kesiapan itu disampaikan Ridwan Kamil usai menghadiri kegiatan di Bali.

    Kang Emil mengatakan bahwa dirinya masih memilih partai yang bakal mengusungnya.

    “Lahir batin kan sudah siap (maju Pilpres). Masalah nanti warnanya (partai) apa, itu Allah yang tentukan,” kata Kang Emil, di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Selasa (18/1/2021).

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img