spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Arteria Dahlan Dituntut Minta Maaf Ke Masyarakat Sunda

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil minta Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan meminta maaf kepada masyarakat sunda.

    Tuntutan permintaan maaf itu buntut dari Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung mengganti Kajati yang menggunakan Bahasa Sunda dalam rapat kerja, Senin (17/1/2022) lalu.

    “Jadi saya mengimbau Pak Arteria Dahlan sebaiknya meminta maaf kepada masyarakat Sunda di Nusantara ini. Kalau tidak dilakukan, pasti akan bereskalasi. Sebenarnya orang Sunda itu pemaaf ya, jadi saya berharap itu dilakukan,” kata Ridwan Kamil Selasa (18/1/2022).

    BACA JUGA: Hotel Moxy Bandung Kembali Disegel Satpol PP

    Dia mengatakan ada dua jenis masyarakat dalam melihat perbedaan. Pertama ada yang melihat perbedaan itu sebagai kekayaan, sebagai rahmat.

    Dia berharap mayoritas warga melihat perbedaan dengan cara ini. Kelompok kedua, katanya, ada yang melihat perbedaan sebagai sumber kebencian dan itu yang harus dilawan.

    “Jadi saya menyesalkan statement dari Pak Arteria Dahlan terkait masalah bahasa ya, yang ada ratusan tahun atau ribuan tahun, menjadi kekayaan Nusantara ini,” katanya.

    Ridwan Kamil mengatakan jika Arteria Dahlan tidak nyaman dengan penggunaan Bahasa Sunda, tinggal disampaikan secara sederhana. Tapi kalau bentuknya meminta untuk diberhentikan jabatan, menurutnya terlalu berlebihan.

    “Tidak ada dasar hukum yang jelas dan saya amati ini menyinggung banyak pihak warga Sunda di mana-mana. Saya sudah cek ke mana-mana. Saya kira tidak ada di rapat yang sifatnya formal dari A sampai Z nya Bahasa Sunda,” katanya.

    Bahasa daerah, katanya, akan mewarnai penuturan dalam berbagai kesempatan yang mencirikan kekayaan dan keberagaman Indonesia.

    BACA JUGA: Anggota DPRD Kota Banjar Akui Belum Bayar PBB

    “Makanya Pancasila, Bhineka Tunggal Ika itu mewakili semangat itu. Jadi kalau ada yang rasis seperti itu menurut saya harus diingatkan tentunya dengan baik-baik dulu lah,” katanya.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img