spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Harga Minyak Goreng Meroket, Jabar Gelar Operasi Pasar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Operasi pasar murah minyak goreng dilakukan di 11 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, operasi pasar murah minyak gorang ini guna menyetabilkan harga.

    Dalam operasi paras murah ini, Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat mengalokasikan 249 ribu botol minyak goreng kemasan 1 liter yang bersumber dari dua produsen , untuk memehuni operasi pasa yang dimulai hari ini hingga Jumat (14/1/2022) mendatang.

    “Mereka kemampuannya untuk menyuplai operasi pasar di 11 kabupaten/kota, salah satunya di Kabupaten Bandung,” kata plt Kepala Diperindag Jawa Barat Moh Arifin di Pasar Cileunyi, Bandung, Senin (10/1/2022).

    BACA JUGA: Erick Thohir Didukung Maju Capres 2024

    Sementara untuk lokasi operasi pasar murah ini, Disperindag Jabar menyerahkan pada kabupaten/kota, bisa di pasar rakyat atau di kecamatan maupun kelurahan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

    Minyak Goreng
    Stok minyak goreng kemasan untuk operasi pasar murah yang digelar oleh Disperindag Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

    Wilayah menggelar operasi pasar yaitu Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kota Depok, Kota Cirebon, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi.

    “Kebanyakan operasi pasar digelar di kota yang menyumbang inflasi cukup besar, harga minyak di operasi pasar ini dijual Rp 14 ribu per botol. Maksimal per orang itu 2 liter, tapi disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” kata dia.

    Arifin mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah memulai operasi pasar  ini saat meresmikan pasar Lembursitu di Kota Sukabumi akhir pekan lalu. Ada 2400 botol minyak yang dijual saat itu.

    “Penjualannya diatur sistem tiketing, jangan sampai melanggar prokes,” kata dia.

    Saat ini harga minyak goreng per liter di sejumlah pasar di Jawa Barat mencapai Rp 19.000-Rp 20.000. Arifin berharap meski tidak serta merta menekan harga, keberadaan operasi pasar murah  ini menjadi salah satu upaya pemerintah membantu masyarakat.

    BACA JUGA: Menggila! Omicron Melonjak Jadi 414 Kasus di Indonesia

    “OPM ini kolaborasi antara pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota dan produsen, ini memberikan kesempatan pada warga untuk bisa mendapatkan minyak goreng lebih murah,” kata dia.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img