spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Fasilitas Baru ‘Ulin ka Bapa’ Banjar Jadi Magnet Wisatawan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Nama ‘Ulin ka Bapa‘ belakangan ini menjadi pilihan masyarakat dalam menghabiskan waktu libur awal tahun 2022.

    Bagaimana tidak, obyek wisata yang digagas Karang Taruna Balokang Patrol Desa Jajawar Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) menyuguhkan fasilitas permainan baru untuk memanjakan para wisatawan.

    Sebagai informasi, di tempat wisata tersebut terdapat permainan yang memicu adrenalin (River Tubing).

    BACA JUGA: Miras Masih Menjadi Tren Anak Muda Kota Banjar Selama 2021

    River Tubing adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet tanpa membutuhkan kemampuan khusus.

    River Tubing diobjek wisata Ulin ka Bapa memanfaatkan aliran Sungai Citanduy.

    Untuk jalur pertama berjarak 15 km dari Jembatan Salawe Cimaragas Kabupaten Ciamis sampai Baturadang, Jajawar Kota Banjar.

    ulin ka bapa fokusjabar.id
    Wisatawan (foto Budiana)

    Para wisatawan cukup mengeluarkan isi kocek Rp60 ribu dengan lama perjalanan 1,5 jam.

    Jalur kedua berjarak 10 km dari Tampian Faqir atau lokasi Ulin ka Bapa sampai Baturadang Jajawar dengan tarif Rp25 ribu per orang.

    River Tubing di Sungai Citanduy ternyata tidak hanya menawarkan keseruan aliran sungai saja, tetapi juga menyuguhkan pemandangan sungai yang memiliki sejarah (membelah daerah) dengan sebutan Kota Idaman (Kota Banjar).

    Wisatawan River Tubing juga dibekali ban karet, pelampung karet dan sepatu khusus agar tidak licin saat berpijak di bebatuan dan tahan air.

    Menariknya lagi, di tengah-tengah perjalanan susur sungai Citanduy mereka akan menghadapi medan aliran air yang bisa memicu adrenalin.

    Fokusjabar.id Banjar
    (Foto: Budiana)

    Terlebih pada tahun 2022, tempat wisata Ulin ka Bapa tampil dengan fasilitas-fasilitas terbarunya.

    Pengelola Ulin ka Bapa, Bhira Tawado (Ado) mengatakan, tahun baru adalah tampilan baru.

    “Tahun ini dipastikan cukup menarik. Kami tambah fasilitas permainan baru untuk menghipnotis para wisatawan Ulin ka Bapa,” katanya kepada FOKUSJabar, Minggu (2/1/2022).

    Menurut Ado, pihaknya akan menambah fasilitas baru berupa permainan outbond. Di antaranya, Flying Fox, Aral Lintang dan permainan Jaring Laba-laba.

    Tak hanya itu, pihaknya juga akan menyuguhkan tampilan baru, sehingga para wisatawan benar-benar bisa menikmati keindahan tempat wisata ini.

    “Kami tambah fasilitas perahu karet untuk permainan airnya. Terus tempat camping lebih asri dan aman. Dengan begitu, para wisatawan benar-benar puas ketika berlibur ke sini,” kata dia.

    Covid-19

    Disinggung terkait pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Ado berharap, tahun ini segera berakhir agar seluruh tempat wisata kembali bergeliat. Tak terkecuali Ulin ka Bapa. 

    “Kami ingin pandemi Covid-19 segera berlalu agar tempat wisata kembali bergeliat,” katanya.

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img