spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Wilayah Calincing Ciamis Akan Jadi Sentra Peternakan Domba

    CIAMIS,FOKUSJabar.Id: Wilayah Dusun Calincing Desa Girilaya Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dengan potensi alam yang cukup layak dan baik bila dijadikan sebagai sentra peternakan Domba bibit unggul.

    Menurut Sekertaris DPD Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Ciamis, Cece, potensi alam yang ada di wilayah Dusun Calincing memang sangat memadai bila dijadikan pusat peternakan Domba.

    “Luas wilayah serta alamnya yang berada dibawah pegunungan sangat cocok bila dijadikan pusat peternakan Domba unggulan,” kata Cece, Selasa (28/12/2021).

    Cece menuturkan, rumput pakan utama bagi makanan ternak Domba sangat melimpah sehingga para peternak tidak akan khawatir kehabisan makanan untuk ternaknya.

    BACA JUGA: PAUD Al Marzuq Ciamis Gali Potensi Anak Melalui Lomba Mewarnai

    “Rumput alam maupun rumput yang khusus bagi pakan Domba banyak tersedia di wilayah itu,” dia menambahkan.

    Cece mengatakan, setelah Dusun Calincing dijadikan sentra peternakan, selanjutnya bisa dijadikan tempat wisata edukasi bagi para peternak yang lainya untuk belajar tatacara beternak yang baik dan benar sehingga bisa menguntungkan.

    Fokusjabar.id Ciamis
    Sekertaris DPD HPKDI Kabupaten Ciamis Cece saat berada di peternakan Domba unggulan di Dusun Calincing. (Foto: Husen)

    “Kedepanya tempat itu bisa dijadikan tempat saling tukar ilmu antar peternak,” kata dia.

    Sementara Plt Kadus Calincing, Jojo mengatakan, selain akan dijadikan pusat peternakan Domba unggulan, potensi wilayahnya pun akan digali menjadi potensi pariwisata alamnya.

    BACA JUGA: Bakal Keliling Nusantara, Ridwan Kamil Incar Dukungan Pilpres 2024?

    “Disini juga ada beberapa lokasi yang bila dikembangkan akan menjadi tempat pariwisata unggulan bagi daerah kami untuk bisa menghasilkan PAD bagi Pemdes Girilaya,” kata dia.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img