spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    752 UMKM Kabupaten Bandung Bergabung di usAHA

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 752 UMKM di Kabupaten Bandung telah bergabung dalam komunitas UMKM usAHA binaan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

    Demikian disampaikan Koordinator UMKM usAHA Kabupaten Bandung Wahyu Agustiansyah saat memborong dagangan pedagang kaki lima (PKL) di Sangkanhurip, Katapang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/12/2021).

    FOKUSJabar.id UMKM
    UMKM Binaan Airlangga Hartanto usAHA Borong Bubur di Kabupaten BAndung (Foto IST)

    Wahyu mengatakan bahwa UMKM usAHA di Kabupaten Bandung telah melakukan sejumlah program pemberdayaan UMKM, seperti Program Pelatihan Wirausaha Maju. Pada program tersebut 752 UMKM telah mengikuti pelatihan secara daring.

    Kini setelah situasi membaik, UMKM usAHA menggelar acara usAHA on The Road keliling Jawa Barat. Program tersebut meliputi usAHA borong usaha, usAHA bantu usaha, dan usAHA Kita. Pada program usAHA Kita, pelaku UMKM dibantu promosi usahanya oleh influencer melaui sosial media.

    BACA JUGA: UMKM Binaan Airlangga Hartanto (usAHA) Kampanyekan Belanja Produk UMKM

    “Sejak Agustus lalu kita sudah mulai mengadakan program pelatihan kewirausahaan secara daring, lalu bantu promosi produk, dan hari ini kita borong dagangan UMKM,” kata Wahyu.

    Kendati banyak yang menghubungkan program kampanye gerakan membeli produk UMKM ini dengan pencalonan Airlangga di Pilpres 2024, pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan.

    “Saya sih selalu bilang ‘doakan saja’. Yang pasti saya berharap hasil pembinaan kali ini bisa membuat pelaku UMKM mampu mengelola usahanya secara mandiri dan bisa merangkul UMKM lainnya,” kata dia.

    UMKM
    UMKM Binaan Airlangga Hartanto usAHA Borong Dagangan PKL di Kabupaten BAndung (IST)

    Untuk diketahui, kegiatan memborong dagangan UMKM kali ini digelar di Kampung Sompok RT3 RW22, Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Kegiatan disambut positif para pedagang maupun masyarakat setempat.

    Selain membantu pedagang meningkatkan omset penjualan, kegiatan Borong usAHA ini digelar untuk mengampanyekan gerakan membeli produk UMKM.

    “Sebagai pembina, Pak Airlangga ingin mengajak masyarakat belanja di UMKM lokal untuk menggerakkan ekonomi,” kata Wahyu.

    Mamat seorang pedagang bubut sangat berterimakasih, terlebih 100 bungkus dagangannya habis diborong. Dia mendoakan agar tokoh yang perhatian terhadap nasib UMKM dalam hal ini Airlangga, kata dia, bisa menjadi Presiden.

    “Alhamdulillah, dagangannya diborong habis. Maju terus Pak Airlangga, saya doakan jadi presiden,” kata Mamat.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img