spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil Minta Para Guru Besar Jadi Penasihat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) berharap para guru besar yang tergabung dalam Persatuan Guru Besar Indonesia (Pergubi) Jabar menjadi penasihatnya dalam proses pengambilan keputusan.

    Hal itu disampaikan Emil pada pelantikan pengurus Pergubi DPD Jabar, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Sabtu (11/12/21).

    “Saya harap setelah pelantikan ini para profesor ini jadilah penasihat Gubernur Jabar,” kata Emil.

    BACA JUGA: KPED Gelorakan Semangat Silih Tulungan Melalui Lomba Kreatif

    Emil mengatakan, kualitas seorang pemimpin datang dari keputusannya.

    “Jadi kualitas pemimpin itu datang dari keputusannya,” kata dia.

    Emil juga mengaku butuh nasihat dan masukan, salah satunya dari guru besar. Hal ini juga sebagai perwujudan dari visi Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi, di mana akademisi ada dalam salah satu unsur kolaborasi pentaheliks ABCGM (akademisi, bisnis, community, government, media).

    “Kami butuh nasihat,” kata Ridwan Kamil.

    DIa mengatakan, prinsip kepemimpinan yang ia pegang adalah good data good decision, bad data bad decision, no data no decision.

    Sementara itu, Pengurus Persatuan Guru Besar (Profesor) Indonesia, Daerah Jawa Barat (Pergubi) jabar Perioden 2021 – 2026 dilantik oleh Pergubi Pusat pada Sabtu (11/112/2021).

    Pergubi Jabar sendiri diketuai oleh Prof.Dr. Purwadhi dengan dibantu oleh berbagai divisi yang relevan untuk menjalankan peran dan fungsinya secara optimal. Anggota Pergubi merupakan dosen yang berstatus ASN maupun dosen Yayasan (Swasta) yang berada di wilayah Jawa Barat.

    Jumlah Guru Besar atau Profesor di Indonesia saat ini baru mencapai 5.664 orang atau sekitar 2,16 persen dari total dosen di Indonesia yang mencapai 261.827 orang.

    Di Jabar sendiri guru besar yang berstatus dosen ASN dari PTN dan dosen Yayasan yang berada di PTS ada sekitar 935 orang.

    Pelantikan saat ini memberikan nilai tambah, dengan diadakannya Kuliah Umum dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dengan tema : “ Membangun Generasi Unggul Indonesia Emas 2045”.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil tak Kuasa Menahan Tangis Kehilangan Oded

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img