spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    West Java Fencing Championship 2021 Dibuka Sekda, 19 Provinsi Ikut Serta

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat ‘West Java Fencing Championship 2021’ merupakan ajang yang bagus bagi para atlet-atlet anggar Jabar mengasah kemampuan mereka. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja usai membuka Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat ‘West Java Fencing Championship 2021’ di Ballroom Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Rabu (8/12/2021).

    Setiawan mengatakan, cabang olahraga anggar menyumbangkan dua medali emas pada PON XX tahun 2021 di Papua bagi kontingen Jabar. Untuk itu, raihan medali emas yang sudah dicapai harus bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan sehingga membutuhkan regenerasi atlet yang baik.

    “Pada kejuaraan kali ini diikuti 19 provinsi lain maka ini ajang yang bagus bagi atlet-atlet kita mengasah kemampuan. Termasuk untuk persiapkan kejuaraan di masa yang akan datang,” kata Setiawan.

    fokusjabar.id west java fencing
    Pertandingan pada Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat West Java Fencing Championship 2021. (FOTO: Ageng)

    Kejuaraan ini, lanjut dia, sangat strategis karena Jabar bisa menurunkan atlet sebanyak mungkin sebagai tuan rumah. Selain itu, Jabar bisa memantau kekuatan daerah lain apalagi yang tampil dalam kejuaraan kali ini atlet-atlet muda.

    “Kami dari eksekutif maupun legislatif, akan terus memberi dukungan bagi pengembangan olahraga prestasi di Jabar. Terlebih Ketua Ikasi Jabar ini seorang anggota dewan jadi komunikasinya lebih lancar,” kata dia.

    BACA JUGA: Wakil Bupati Pangandaran Dipanggil KPK

    Ketua PB Ikasi, Agus Suparmanto menambahkan, sudah seharusnya kegiatan-kegiatan olahraga bisa dihadiri pemerintah. Pemerintah harus ambil bagian dalam kegiatan olahraga prestasi.

    “Untuk itu, saya mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Jabar yang telah mendukung acara ini dan diharapkan bisa terus dilakukan secara rutin. Ini menjadi bagian dari pembinaan prestasi untuk ke taraf internasional,” kata Agus.

    Sementara Ketua Ikasi Jabar Asyanti Rozana Thalib mengatakan, kejuaraan kali ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari Jabar Open yang digelar dua tahun lalu. Hanya saja, kali ini digelar secara nasional karena masih dalam kondisi pandemi.

    “Dari kejuaraan ini, saya ingin melihat potensi atlet khususnya di anggar. Tanpa ada pertandingan maka kita tidak bisa melihat potensi itu,” kata Asyanti.

    fokusjabar.id west java fencing
    Berfoto bersama peserta Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat West Java Fencing Championship 2021. (FOTO: Ageng)

    Dengan mengetahui potensi atlet yang dimiliki, lanjut dia, pihaknya bisa membina atlet lebih jauh sehingga bisa tampil di level internasional. Terlebih, pada kejuaraan kali ini diikuti atlet-atlet anggar hampir dari seluruh Indonesia

    “Untuk peserta kita batasi jadi hanya 253 peserta dari 19 provinsi. Kategori usia yang dipertandingkan mulai dari U-15 sampai kategori senior, baik untuk nomor perorangan atau beregu dari tiga jenis senjata yakni sabel, degen, dan floret,” kata dia.

    Kejuaraan Piala Gubernur Jawa Barat ‘West Java Fencing Championship 2021’ akan digelar selama tiga hari. Mulai hari Rabu (8/12/2021) hingga Jumat (10/12/2021).

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img