spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Jokowi Bakal Buka Kongres PA GMNI ke 4 di Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Presiden RI Joko Widodo akan membuka Kongres Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke 4 di Kota Bandung pada 6-8 Desember 2021.

    Kongres bertajuk ‘Nasionalisme Menjawab Tantangan Bangsa’ ini semula akan digelar Juni 2021, namun batal karena wabah virus korona tengah memuncak.

    Ketua DPD PA GMNI Jabar Abdi Yuhana mengatakan, pemilihan Kota Bandung sebagai lokasi kongres karena ada nilai historis perjuangan Soekarno di masa kemerdekaan.

    “Kongres ini akan membahas persoalan strategis ke depan, salah satunya revolusi industri 4.0 dan bank data menjadi hal penting dalam pembangunan bangsa,” kata Abdi di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Senin (29/11/2021) sore.

    BACA JUGA: GMNI Jabar Serukan Semua Komponen Bangsa Kembali ke Konstitusional

    Nasionalisme menjawab tantangan teknologi informasi yang berkembang pesat, dimana revolusi 4.0 dan kecerdasan buatan begitu mendominasi di ruang-ruang berbangsa dan bernegara.

    Pada kongres nanti pun akan dibahas bagaimana Pancasila dalam tiga hal, yakni Pancasila sebagai keyakinan berbangsa dan bernegara, sebagai diskursus, dan Pancasila menjadi pelaksanaan dalam kehidupan bermasyarakat.

    PA GMNI pun akan merekomendasikan kepada pemerintah dalam menghadapi pandemi gelombang ketiga.
    Pihaknya melihat pada Juni kemarin, negara belum siap menghadapi puncak COVID-19. Kesehatan, ketersediaan oksigen, dan jaringan pengaman sosial belum sempurna.

    “Kongres nanti akan memberikan rekomendasi kebijakan negara menghadapi pandemi global COVID-19, seperti vaksinasi COVID-19 di Jawa Barat sudah mencapai 80 persen.

    Diharapkan program vaksinasi di tingkat nasional terus berlanjut sehingga tercipta herd immunity di seluruh lapisan masyarakat,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img