spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Pohon Tumbang di Ciamis Timpa Mobil, 2 Orang Luka Berat

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pohon tumbang di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis Jalan Jendral Soedirman menimpa satu unit mobil yang mengakibatkan dua orang yaitu sopir dan penumpang mengalami luka berat. Senin (29/11/2021).

    Tim Gabaungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis yang terdiri dari Taruna Tanggap Bencana (Tagana), Tni dan Polri melakukan evakuasi  kepada dua korban yang tertimpa oleh pohon tersebut.    

    Dengan cekatan Tim BPBD saat tiba di lokasi kejadian memotong kayu yang menimpa bodi mobil korban, setelah tim BPBD berhasil menyingkirkan pohon disusul tim PMI mengevaluasi korban yang tergencet di dalam mobil.

    BACA JUGA: Anak Kedua Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia

    Setelah tim PMI berhasil mengevakuasi korban dari dalam mobil terlebih dahulu memberi pertolongan pertama sebelum dibawa ke RSUD untuk dilakukan perawatan intensif sesuai luka yang mereka derita.

    Kesigapan petugas gabungan menangani korban bencana alam tersebut terlihat dalam simulasi  dihadapan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis.

    Bupati Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, wilayah Ciamis termasuk urutan yang cukup tinggi rawan bencana baik tanah bergerak, longsor dan banjir sehingga perlu kewaspadaan semua pihak.

    “Karena wilayah Kabupaten Ciamis cukup rawan bencana maka hari ini kami laksanakan simulasi penanganan bencana agar semua elemen bisa siap disaat terjadi bencana alam walupun itu tidak diharapkan,” katanya.

    Herdiat menuturkan, sampai saat ini peralatan penangan bencana sudah agak memadai tinggal menambah yang masih belum dipunyai saja untuk pertolongan kedaruratan saat terjadi suatu musibah.

    “Untuk pertolongan orang yang tercebur kedalam sumur saat ini masih kurang dan peralatan saat evakuasi bangunan rubuh akan kami siapkan agar lebih lengkap,” kata dia.

    BACA JUGA: Promosikan Pariwisata dan Ekraf, Dinas Pariwisata Ciamis Launching Vicimag

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img