spot_img
Senin 17 Januari 2022
spot_img

Minat Vaksinasi Warga Waringinsari Kota Banjar Rendah

BANJAR,FOKUSJabar.id: Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Banjar tergolong sukses. Hal itu terlihat dari data capaian pemberian cairan pemantik imunitas tubuh pada warga yang sudah mencapai 75 persen.

Namun kesuksesa itu dicederai dengan tidak meratanya capaian vaksinasi di beberapa wilayah. Salah satunya di Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar yang hanya 25,6 persen.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Banjar Rusyono tidak menampik bahwa di wilayah tersebut capaiannya baru 25 persen.

BACA JUGA: Vaksinasi Sudah 98 Persen Kota Bandung Masih Belum Level 1

“Capaian yang paling rendah itu ada di Desa Waringinsari,” kata Rusyono ditemui di area balapan Sport Centre Langensari, Kota Banjar, Sabtu (27/11/2021).

Fokusjabar.id vaksinasi
Tim Vaksinasi Kodim 0613/Ciamis dalam gelaran Reuni Akbar SMKN-1 Ciamis. (Foto: Husen)

Maka keberadaan tim kesehatan di kegiatan otomotif seperti di Sport Centre ini, kata dia, menjadi upaya mengajak masyarakat, khususnya di wilayah paling rendah tingkat vaksinnya.

“Jadi kami sengaja ada di sini agar saat ada warga asli Banjar akan menonton balapan dan belum divaksin agar divaksin terlebih dahulu,” kata Rusyono.

Apalagi di area sport center ini merupakan wilayah-wilayah yang paling rendah capaian vaksinasinya di Kota Banjar.

“Sekarang di Kota Banjar baru 75 persen atau masih belum memenuhi target 100 persen yang dicanangkan,” kata dia.

Untuk itu, kegiatan saat ini terus digencarkan, hari ini saja pihaknya sedang menggelar secara serentak di setiap desa/kelurahan.

BACA JUGA: Antisipasi COVID-19,Tim Gabungan Sekat Jalur Masuk Ciamis

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Banjar Agus Nugraha mengumumkan bahwa capaian vaksinasi di Kota Banjar yang terlihat belum merata.

Capaian paling tinggi saat ini ada di Desa Cibereum, yakni 87,6 persen, kemudian Desa Jajawar 82,8 persen, Desa Raharja 80,7 persen, Desa Mukaharja 78,1 persen dan Neglasari 71,9 persen.

“Wilayah dengan capaian vaksinasi paling rendah ada di Desa Waringinsari, yakni 25,6 persen, kemudian Desa Mulyasari 25,8 persen, Desa Karyamukti 38,3 persen, Kujangsari 38,4 persen, dan Desa Rejasari 38,5 persen.

(Budiana Martin/LIN)

Berita Terbaru

spot_img