spot_img
Rabu 24 November 2021
spot_img
spot_img

IPA Situ Batu Banjar Baru Dirasakan 93 SR

BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemanfaatan air bersih dari Instalani Pengolahan Air (IPA) Situ Batu sudah mulai dirasakan warga Kota Banjar, Jawa Barat (Jabar).

Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Anom, E.Fitrah Nurkamilah mengatakan, uji alir sudah dilaksanakan secara bertahap.

“Alhamdulillah sedikitnya 93 Sambungan Rumah (SR) mendapat pasokan air bersih,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (24/11/2021).

BACA JUGA: Pemkot Banjar Usulkan UMK 2022 Rp 1.853.099,52

Perumda Tirta Anom Kota Banjar lanjut dia menargetkan semua SR yang berada di cakupan IPA yang sudah terdata sebagai pelanggan baru bisa mendapatkan suplai air bersih.

“Total yang terdata sebagai pelanggan sekitar 213 SR. Saat ini yang sudah merasakan manfaatnya 93 SR. Kita tinggal menunggu perbaikan pipa untuk sambungan rumah yang lainnya,” kata Dia.

Dia menyebut, IPA Situ batu baru bisa dioperasikan saat ini.

“Pasokan ke SR baru setelah dipastikan pasokan air bersih mengalir secara normal dan instalasinya sudah bisa digunakan dengan baik,” terangnya.

Dari total pelanggan baru dikatakan Fitrah itu masih ada yang belum teraliri karena jaringan pipa distribusi masih terkendala.

“Kita berharap, saat menerima kelola spam jaringan untuk ke masyarakat sudah beres untuk dapat digunakan,” kata Fitrah.

BACA JUGA: Kursi Roda Khusus untuk Si Kembar Siam Asal Garut

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPRPK Kota Banjar, Irman mengatakan, uji alir ke SR di wilayah Situ Batu Kecamatan Banjar sudah sebagaian berhasil.

Beberapa di antaranya ada yang belum berhasil dioperasikan lantaran adanya kerusakan atau kebocoran di jaringan pipa restribusinya.

“Saat ini kita sedang melihat dulu tingkat kerusakan pipanya. Jika bisa diperbaiki, maka diperbaiki dan jika harus diganti maka akan dipasang baru pada tahun mendatang,” singkat Dia.

(Budiana Martin/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img